Cek Fakta: Benarkah Bill Gates Diadili di India Karena Masalah Vaksin yang Membahayakan?

Cek Fakta: Benarkah Bill Gates Diadili di India Karena Masalah Vaksin? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Di media sosial dan beberapa situs media yang dipertanyakan reputasinya, Bill Gates belakangan diserang rumor tidak benar. Terbaru, ada kabar bahwa pendiri Microsoft itu sedang diadili di India karena vaksin yang didukungnya membahayakan nyawa anak-anak.

"Dia akan menghadapi pengadilan karena meracuni jutaan anak India dengan vaksin," sebut rumor tersebut.

Kabar ini antara lain didasarkan bahwa studi vaksin yang dilakukan organisasi asal AS, yaitu Program for Appropriate Technology in Health (PATH), dihentikan karena kematian beberapa gadis India yang ikut serta. Studi tersebut didanai oleh yayasan Bill Gates.

Ketika dikonfirmasi Reuters, juru bicara Gates Foundation menyatakan klaim tersebut tidak benar. Tidak ada gugatan hukum pada Bill Gates di India soal vaksin. Memang benar bahwa percobaan vaksin itu pernah dilakukan di India pada tahun 2010 dan kemudian disetop, tapi bukan sesuatu yang ilegal.

Studi vaksin Human Papilloma Virus (HPV) dibatalkan setelah media lokal India melaporkan kematian 7 orang anak gadis yang ikut serta. Namun setelah diselidiki lebih lanjut oleh pemerintah India, dipastikan kematian mereka tidak berhubungan dengan vaksin tersebut.

"Lima tak berhubungan dengan vaksin, yaitu seorang gadis karena tenggelam, yang lain karena digigit ular, dua bunuh diri dengan meminum pestisida, dan seorang mati karena komplikasi malaria," tulis pemerintah India.

"Penyebab kematian dua gadis lain kurang dapat dipastikan, satu kemungkinan karena demam tinggi dan yang kedua pendarahan otak," tambah mereka.

Pada 9 Agustus 2013, parlemen India sempat mengatakan bahwa trial vaksin oleh PATH ada kejanggalan. Namun demikian, PATH membantah laporan itu dan bukti-buktinya tidak meyakinkan.

Yayasan Bill & Melinda Gates Foundation telah bekerja di India selama lebih dari satu dekade, terutama mengurus masalah yang menimpa masyarakat miskin. Sampai saat ini, mereka tidak pernah diadili dan terus melanjutkan bekerja di negara itu.

Getol mendanai pengembangan vaksin Corona, Bill Gates memang jadi sasaran teori konspirasi. Teori liar yang beredar misalnya Bill justru adalah dalang di balik virus corona. Ia juga dicurigai sebagian pihak punya agenda tertentu karena terlihat getol ingin segera membuat vaksin COVID-19.

"Saya katakan ironis jika Anda mengincar seseorang, yang melakukan yang terbaik untuk membuat dunia siap. Kita memang berada di situasi gila, jadi akan ada rumor gila juga," cetusnya.

"Memang ada banyak serangan di luar sana. (Tapi) secara umum, orang sungguh positif," tambah dia.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 8892752416109151068

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item