Demi Pulang Kampung, Seorang Pria Tewas Usai Mengayuh Sepeda 1.200 Kilometer

Demi Pulang Kampung, Seorang Pria Tewas Usai Mengayuh Sepeda 1.200 Kilometer, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Seorang pekerja migran pada Jumat pagi, 1 Mei 2020, meninggal setelah mengayuh sepeda sejauh 1.200 kilometer dari Kota Delhi ke Khagaria, Bihar, India. Hasil tes yang dilakukan terhadapnya negatif virus corona.

Situs ndtv.com mewartakan, pekerja migran yang malang itu diketahui bernama Dharamveer. Dia adalah satu dari tujuh orang yang mengayuh sepeda sejauh 1.200 kilometer setelah India melakukan lockdown.

Kebijakan lockdown oleh Pemerintah India telah mendorong terjadinya eksodus para pekerja migran yang bekerja di kota-kota besar, kembali ke desa. Lockdown di India sudah diperpanjang sampai 17 Mei 2020.

Dharamveer sampai di kota Shahjahanpur, India, pada Kamis sore, 30 April 2020. Dia menghabiskan semalam di sana.   

Sebelum mengembuskan napas terakhir, Dharamveer jatuh pingsan lalu dilarikan ke sebuah rumah sakit di distrik Khagaria, Bihar. Dia meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Hasil otopsi mengungkap, Dharamveer mengalami sakit paru-paru kronis yang menyebabkan kematiannya.

Teman-teman Dharamveer, yang satu perjalanan dengannya, menceritakan mereka menghabiskan waktu hingga 4 hari untuk menempuh perjalanan 1.200 kilometer.   

“Kami datang dari Delhi. Kami menghabiskan waktu empat hari mengayuh sepeda (untuk pulang kampung). Kami tidur pada malam hari setelah makan. Dia masih berkomunikasi dengan kami, sampai kami tak tahu apa yang terjadi,” kata seorang teman Dharamveer.

Seorang pejabat daerah mengatakan, mereka telah memanggil ambulans agar bisa mengantarkan jenazah Dharamveer ke rumahnya. Mereka pun mencoba mencarikan kendaraan agar bisa mengantar enam teman Dharamveer pulang kampung. 

Eksodus para pekerja migran dari kota-kota tempat mereka mencari nafkah ke kampung asal mereka, telah menjadi masalah besar setelah Pemerintah India memberlakukan lockdown nasional demi menekan penyebaran virus corona.

Menjawab situasi ini, pemerintah pusat India pada Kamis, 30 April 2020, memutuskan mengoperasikan beberapa kereta khsusus untuk membantu para pekerja migran pulang kampung.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 9115917048438648212

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item