Hati-hati dengan Tawaran Deposito yang Menjanjikan Bunga Tinggi

Hati-hati dengan Tawaran Deposito yang Menjanjikan Bunga Tinggi, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Seringkali kita menemukan tawaran berupa deposito berbunga tinggi yang secara fantastis menjanjikan return (keuntungan) yang luar biasa besar, bahkan tanpa risiko atau dengan risiko yang sangat kecil.

Hal ini tentu sangat penting untuk Anda pahami, yaitu tidak akan ada return yang besar jika tidak disertai risiko yang besar pula. Sebagai acuan, pertumbuhan investasi dengan risiko rendah semacam deposito tidak mungkin bunganya akan jauh melebihi standar suku bunga yang dijadikan acuan umum, seperti misalnya suku bunga dari Bank Indonesia (BI).

Sebagai pembanding, suku bunga acuan bank sentral Indonesia (BI 7 day repo rate) saat ini sebesar 4,25%. Maka batas bunga yang dijamin LPS hanyalah sebesar 5,75%. Suku bunga obligasi juga hanya sekitar lima koma sekian persen.

Melihat hal itu, maka jika ada investasi deposito di atas 8%, maka investasi tersebut tentu mengandung risiko yang lebih besar pula.

Bila ada penawaran deposito dengan bunga melebihi angka tersebut, maka ini dapat menjadi pertanyaan besar, apakah itu deposito bodong? Atau mungkin justru bukan deposito? Melainkan bentuk investasi lain seperti ponzi atau high-yield investment program.

Sekalipun apabila promo deposito berbunga tinggi tersebut ditawarkan oleh bank nasional ataupun bank daerah resmi yang terdaftar, tetap saja Anda perlu berhati-hati.

Kembali pada persyaratan maksimal yang diajukan LPS. Deposito dengan bunga tinggi jadi legal, namun perlu diingat kembali bahwa deposito tersebut tidak akan dijamin oleh pihak LPS.

Related

Money 6991331878385401028

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item