Keindahan Masjid di Tepi Samudra Atlantik, Sinarnya Terlihat dari Mekah

Keindahan Masjid di Tepi Samudra Atlantik, Sinarnya Terlihat dari Mekah, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Gagah berdiri di tepi Samudra Atlantik, Masjid Hassan II menjadi salah satu bangunan bersejarah kebanggaan Maroko.

Masjid Hassan II yang dibangun di "Kota Putih" Casablanca pada tahun 1993 oleh arsitek Prancis, Michel Pinseau, ini merupakan masjid terbesar kedua di benua Afrika dan terbesar ketujuh di dunia.

Pinseau terinspirasi oleh gaya bangunan khas bangsa Moor dalam merancang masjid ini.

Walau arsiteknya penduduk Prancis, namun segala bahan pembangunan masjid berasal dari tanah Maroko, mulai dari marmer asal Agadir, kayu asal Pegunungan Middle Atlas, sampai batu granit asal Tafraoute.

Sebanyak 6.000 penduduk dan perajin di Maroko turun tangan dalam pembuatan Masjid Hassan II.

Pembangunan masjid berawal atas ide dari mendiang Raja Hasan II yang dimulai sejak tahun 1989.

Ia ingin masjid yang setengah berada di lautan dan setengah berada di daratan, sehingga umat Muslim bisa terus mengingat Allah SWT.

Dana pembuatan masjid dua lantai ini hingga US$700 juta, jumlah yang sangat fantastis pada saat itu.

Eksterior masjid nampak seperti gereja di Eropa, namun interiornya amat kental kesenian Maroko. Raja Hasan II memang ingin masjid ini menjadi simbol betapa rukunnya umat beragama di Maroko.

Berdiri di atas lahan seluas sembilan hektare, masjid ini terkenal dengan menaranya yang setinggi 210 meter.

Selain mengabarkan azan, menara itu juga menyalakan lampu tiap malam, sehingga fungsinya hampir mirip mercusuar. Saat cuaca cerah, lampu dari menara itu konon bisa terlihat sampai Mekah.

Masjid Hassan II berkapasitas 105 ribu orang. Sebanyak 25 ribu orang muat di dalam masjid, dan 80 ribu orang muat di luar masjid.

Selain tempat ibadah, di komplek masjid juga ada madrasah, museum, rumah mandi, dan taman.

Turis boleh berkunjung ke Masjid Hassan II, asal menjaga kesopanan dan berpakaian tertutup. Turis non-Muslim wajib datang dengan pemandu wisata untuk bisa berkeliling.

Related

Traveling 8504918506189602875

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item