Perlu Tahu, Peralatan Masak Berbahan Besi Lebih Sehat Dibanding Teflon

Perlu Tahu, Peralatan Masak Berbahan Besi Lebih Sehat Dibanding Teflon, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Banyak orang memilih penggorengan teflon karena bahan anti lengket ini lebih mudah dan gampang ditemukan, tapi juga paling berbahaya. Karena teflon anti lengket dilapisi dengan PTFE (polytetrafluoroethylene), di mana lapisan plastik polimernya akan mulai meluluhkan racun ketika dipanasi di atas 300 derajat celcius.

Racun ini bisa memicu gejala seperti flu yang disebut polymer fume fever atau umum dikenal dengan flu teflon. Tidak hanya berbahaya bagi orang, tapi juga berbahaya bagi burung, seperti beo.

Kandungan lain yang ditemukan pada teflon adalah PFOA (perfluorooctanoic acid), yang dikaitkan dengan beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, payudara dan ovarium. Meski dipercaya teflon dalam jumlah sedikit jika tak sengaja dikonsumsi manusia tidak akan berbahaya, tapi kalau digunakan setiap hari tentu jadi hal yang patut menjadi perhatian.

Sebagai penggantinya, ada alat masak dengan lapisan bebas PTFE dan PFOA seperti granit, tapi ini hanya aman saat lapisannya masih utuh, karena lapisannya sangat tipis dan mudah retak. Begitu retak, semua alat masak harus segera dihentikan penggunaannya.

Untuk lebih amannya, gunakan alat masak dengan bahan besi asli. Karena selain menghantarkan panas dengan sempurna, besi tidak mengeluarkan racun apa pun yang dapat terserap ke dalam makanan, dan sebenarnya akan lebih baik untuk menaikkan suhu secara alami melalui besi.

Related

Tips 1637162371434211721

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item