Kilas Balik Flu Spanyol, yang Tewaskan Jutaan Orang Indonesia Seabad Lalu

Kilas Balik Flu Spanyol, yang Tewaskan Jutaan Orang Indonesia Seabad Lalu, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Layanan Kesehatan Masyarakat (Burgerlijke Geneeskundige Dienst/BGD) pada zaman kolonial menghimpun data pandemi Flu Spanyol 1918 hingga 1919 di Hindia Belanda (sekarang Indonesia), dan virus ini dinilai sangat berbahaya.

Saat itu, salah satu anggota BGD ialah pendiri Palang Merah Indonesia, Dr. Sardjito. BGD melakukan survei terhadap 83 praktisi medis di seluruh wilayah Indonesia. Sardjito dan tim juga menganalisis data kematian terdaftar yang dilaporkan tiap kecamatan.

Dikutip dari laman situs The Conversation, berdasarkan laporan BDG, laporan tersebut menunjukkan bahwa kasus Flu Spanyol pertama kali dilaporkan pada Juli 1918, namun baru terdeteksi pada September 1918. Sementara puncaknya pada akhir November 1918.

Laporan selanjutnya menunjukkan bahwa tingkat kematian menurun cepat, usai November 1918, tetapi ada kemungkinan virus kembali muncul di tingkat daerah.

Selain itu, menurut laporan BDG, dampak pandemi itu tersebar tidak merata di berbagai kecamatan di Jawa. Jawa Tengah, Jawa Timur, dan kota-kota di Jawa Barat saat itu menjadi daerah yang paling terdampak.

Tingkat kematian Flu Spanyol di Indonesia tahun 1918, menurut data, menyentuh persentase 35 persen. Dengan menggunakan angka kematian di atas rata-rata mingguan dan data jumlah populasi, angka kematian diperkirakan dari September 1918 hingga September 1919 berjumlah 906 ribu di Pulau Jawa.

Data tersebut juga disandingkan dengan data kualitatif yang menunjukkan persentase kematian yang sama. Artinya, total kematian sekitar 1,3 juta atau 2,5 persen dari jumlah populasi Indonesia waktu itu yakni 53 juta orang.

Saat pandemi Flu Spanyol berlangsung, masyarakat menilai bahwa pemerintah tidak efektif dalam mengendalikan pandemi karena jumlah kematian terus naik. Flu Spanyol di wilayah Indonesia sendiri baru mereda setelah satu tahun.

Related

Indonesia 5416175274447251424

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item