Menurut Dokter, 3 Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Menurut Dokter, 3 Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Buka Puasa, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Buah diketahui mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Buah-buahan juga mengandung glukosa, sehingga sangat baik untuk menu berbuka puasa. Tapi hati-hati, bukan berarti kamu boleh mengonsumsi semua buah saat berbuka puasa.

Melalui tayangan Hidup Sehat di tvOne, Spesialis Gizi Klinik, Dr. dr Samuel Oetoro SpGK.K, menjelaskan, ada beberapa buah dan makanan yang tidak baik dikonsumsi saat berbuka puasa, karena dapat menimbulkan gangguan di dalam tubuh. Apa saja?

"Durian. Kecuali Anda makan duriannya yang mengkel. Durian itu kandungannya protein, serat, dan kalau yang sudah matang dia mengalami fermentasi, yang di lambung bisa menyebabkan gas, jadi akan terasa kembung. Jadi, hindari berbuka dengan buah durian," ujarnya.

Kemudian yang kedua adalah nangka. Menurut dokter Samuel, nangka menyebabkan pembentukan gas berlebih di perut, sehingga dapat mengakibatkan perut jadi kembung ketika dikonsumsi saat berbuka puasa.

"Karena kita kan puasa sudah istirahat lama, 14 jam lambungnya itu kosong, jangan dikasih yang berat. Jangan dikasih yang membentuk gas," jelasnya.

Selain kedua buah tersebut, asinan juga harus dihindari saat pertama kali berbuka puasa. Samuel menjelaskan, saat awal berbuka puasa, kita disarankan untuk minum jus buah terlebih dahulu. Lalu, kapan boleh mengonsumsi asinan?

"Asinan itu buat nanti setelah berbuka. Setelah makan besar, Anda mau makan asinan, silakan. Karena ada kol ada tauge, itu semua membentuk gas. Kemudian ada kerupuk kuning, gorengan lemaknya lemak jahat. Kemudian pake siraman sambel kacang," kata dia.

Samuel menambahkan, apalagi rasa asinan cenderung pedas. Bagi orang-orang yang tidak tahan terhadap makanan pedas, lambungnya akan bermasalah hingga menyebabkan maag kumat.

Related

Moslem World 8961366889995799419

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item