Memahami Jenis-jenis Kanker Paru, Pada Perokok dan Non-Perokok

Memahami Jenis-jenis Kanker Paru, Pada Perokok dan Non-Perokok,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Lebih dari setengah kasus kanker paru-paru pada perokok diklasifikasikan sebagai Karsinoma sel skuamus (sejenis kanker paru bukan sel kecil atau Non-small cell lung cancer).

Sedangkan mayoritas kanker paru-paru yang diderita individu bukan perokok adalah adenokarsinoma (jenis lain dari kanker paru bukan sel kecil atau Non-small cell lung cancer).

Karsinoma sel skuamus cenderung tumbuh di dekat saluran udara, dengan gejala awal seperti batuk atau batuk darah (hemoptisis). Sementara Adenokarsinoma sering tumbuh di daerah luar paru-paru, dan bisa muncul untuk waktu yang lama sebelum gejala terjadi.

Gejala yang ditimbulkan umumnya seperti sesak napas, kelelahan, atau gejala karena penyebaran kanker ke daerah lain dari tubuh (seperti nyeri tulang) mungkin lebih umum.

Bronchoalveolar karsinoma (BAC) adalah bentuk lain dari kanker paru-paru yang lebih sering terjadi pada bukan perokok, terutama perempuan muda non-perokok. Untuk alasan yang tidak diketahui, kejadian BAC tampaknya terus mengalami peningkatan di seluruh dunia.

Jenis kanker paru 

Kanker paru dibagi menjadi dua jenis utama, berdasarkan penampilan sel kanker paru di bawah mikroskop. Jenis pertama adalah kanker paru karsinoma sel kecil (small cell lung cancer) yang merupakan jenis kanker penyumbang sekitar 15 persen dari semua kanker paru-paru.

Sesuai namanya, sel-sel lebih kecil dari sel-sel kanker pada umumnya. Mereka juga bereproduksi dengan cepat dan membentuk tumor besar. Kanker jenis ini juga dapat bermetastasis, atau menyebar ke bagian lain dari tubuh. Kanker paru karsinoma kecil dibagi lagi ke dalam dua jenis: 

Terbatas: kanker hanya terbatas pada daerah dada.

Ekstensif: kanker telah menyebar ke area lain dari tubuh.

Kanker jenis ini dapat merespons pengobatan, tetapi sulit untuk disembuhkan. Jenis kedua adalah kanker paru bukan karsinoma sel kecil (Non-small cell lung cancer). Kanker jenis ini jauh lebih umum ketimbang kanker paru karsinoma cel kecil.

Kanker jenis ini menyumbang sekitar 85 persen dari semua kanker paru-paru. Kanker paru karsinoma bukan sel kecil juga dapat dibagi lagi berdasarkan jenis sel yang ditemukan pada kanker, yaitu:

Karsinoma sel skuamus (juga dikenal sebagai karsinoma epidermoid). Perkembangan jenis kanker ini dimulai di dalam sel-sel epitel yang melapisi saluran udara. Ada kemungkinan bahwa hal itu dapat berkembang di dalam pembuluh pernapasan yang lebih besar.

Jika tidak diobati, kanker ini bisa bermetastasis (menyebar) ke kelenjar getah bening, kelenjar adrenal, hati, tulang dan otak. Penyebab paling umum dari karsinoma sel skuamosa adalah merokok.

Adenokarsinoma: Perkembangan kanker dimulai di sel yang memproduksi lendir di paru-paru. Jenis kanker ini cukup umum di Amerika Serikat. Perkembangannya telah dikaitkan dengan kebiasaan merokok, tetapi kanker ini juga banyak mempengaruhi mereka yang bukan perokok.

Perkembangan jenis kanker ini biasanya sangat lambat, meskipun ada kemungkinan juga untuk berkembang cepat, sehingga menyebabkan kematian. Penyebaran sel-sel kanker seringkali menyebar ke otak. Bahkan juga mungkin bermetastasis ke kelenjar getah bening, hati, kelenjar adrenal dan tulang.

Karsinoma sel besar: Jenis kanker ini bertanggung jawab atas sekitar 10-20 persen dari kasus kanker paru-paru. Karsinoma sel besar termasuk kanker paru-paru yang tidak dapat diklasifikasikan.

Mesothelioma: ini adalah jenis lain dari kanker yang kebanyakan mempengaruhi paru-paru, tetapi tidak dengan cara yang sama seperti kanker lainnya lakukan. Jenis kanker ini mempengaruhi membran luar paru-paru dan sering diderita oleh orang yang terpapar asbes.

Kanker ini biasanya hanya mempengaruhi pria yang berusia lebih dari 60 tahun - yang menghabiskan bertahun-tahun bekerja dalam pekerjaan industri, seperti pertambangan atau di galangan kapal. Ini adalah bentuk yang sangat jarang dari kanker, hanya mempengaruhi 2.500-3.000 orang per tahun, dan biasanya baru terdiagnosis pada tahap yang sudah lanjut.

Related

Health 2756561261414612207

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item