Ternyata, Menceritakan Cita-cita ke Orang Lain Membuat Kita Sulit Meraihnya

Ternyata, Menceritakan Cita-cita ke Orang Lain Membuat Kita Sulit Meraihnya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Menurut penelitian, potensi kegagalan akibat menceritakan tujuan kita pada orang lain sangat mungkin terjadi. Banyak orang juga berpikir bahwa menceritakan hal tersebut dapat membantunya untuk lebih berjuang.

Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar. Seorang profesor di bidang psikologi, Peter Gollwitzer, meneliti hal ini dan menemukan bahwa menceritakan impian atau cita-cita kita ke orang lain akan membuat kita merasa bahwa impian tersebut sudah tercapai secara psikologis, atau yang biasa disebut “premature sense of completeness”.

Dampak selanjutnya dari hal ini adalah motivasi yang tidak sebesar jika kita menyimpan sendiri apa yang kita cita-citakan tersebut.

Walaupun tidak sepenuhnya akan terjadi pada semua orang, namun penelitian ini menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang menceritakan impiannya cenderung lebih sulit untuk mencapainya.

Related

Science 2740343043906116537

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item