Mengapa Manusia Diwajibkan Berpuasa? Ini Penjelasan Quraish Shihab

Mengapa Manusia Diwajibkan Berpuasa? Ini Penjelasan Quraish Shihab, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Puasa telah dilakukan oleh umat-umat terdahulu. Hal ini seperti dinyatakan dalam Al-Qur’an, ‘kama kutiba 'alal ladzina min qablikum’ (sebagaimana diwajibkan atas [umat-umat] yang  sebelum kamu).

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS Al-Baqarah: 183)

Berdasarkan ayat di atas, kita dapat mempertanyakan mengapa puasa menjadi kewajiban bagi umat Islam dan umat-umat terdahulu?

Dalam hal ini, Muhammad Quraish Shihab dalam Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu'i atas Pelbagai Persoalan Umat (Mizan, 2000) menerangkan, manusia memiliki kebebasan bertindak memilih dan memilah aktivitasnya, termasuk dalam  hal makan, minum, dan berhubungan seks.

Binatang—khususnya binatang-binatang tertentu—tidak demikian. Nalurinya telah mengatur ketiga kebutuhan pokok itu, sehingga—misalnya—ada waktu atau musim berhubungan seks bagi mereka. Itulah hikmah Ilahi demi memelihara kelangsungan hidup binatang yang bersangkutan, dan atau menghindarkannya dari kebinasaan.

Kebebasan manusia tidak demikian. Kebebasan yang dimilikinya, bila tidak terkendalikan, dapat menghambat pelaksanaan fungsi dan peranan yang harus diembannya. 

Kenyataan menunjukkan bahwa orang-orang yang memenuhi syahwat perutnya melebihi kadar yang diperlukan, bukan saja menjadikannya tidak lagi menikmati makanan atau minuman, tetapi juga menyita aktivitas lainnya atau bahkan menjadikannya lesu sepanjang hari.

Syahwat seksual juga demikian. Semakin dipenuhi semakin haus bagaikan penyakit eksim, semakin digaruk semakin nyaman dan menuntut, tetapi tanpa disadari menimbulkan borok.

Potensi dan daya  manusia—betapa pun besarnya—memiliki keterbatasan, sehingga apabila aktivitasnya telah digunakan secara berlebihan ke arah tertentu—arah pemenuhan kebutuhan fa’ali misalnya—maka arah yang lain, mental spiritual, akan terabaikan. Di sinilah diperlukannya pengendalian.

Sebagaimana disinggung di atas, esensi puasa adalah menahan atau mengendalikan diri. Pengendalian ini diperlukan oleh manusia, baik secara individu maupun kelompok. Latihan dan pengendalian diri itulah esensi puasa.

Puasa dengan demikian dibutuhkan oleh semua manusia, kaya atau miskin, pandai atau bodoh, untuk kepentingan pribadi atau masyarakat. Tidak heran jika puasa telah dikenal oleh umat-umat sebelum umat Islam, sebagaimana diinformasikan oleh Al-Qur’an.

Dari penjelasan ini, menurut Quraish Shihab, kita dapat melangkah untuk menemukan salah satu jawaban tentang rahasia pemilihan bentuk redaksi pasif dalam menetapkan kewajiban puasa. ‘Kutiba 'alaikumush shiyama’ (diwajibkan atas kamu puasa), tidak menyebut siapa yang mewajibkannya.

Bisa saja dikatakan bahwa pemilihan bentuk redaksi tersebut disebabkan karena yang mewajibkannya sedemikian jelas dalam hal ini adalah Allah SWT. Tetapi boleh jadi juga untuk mengisyaratkan bahwa seandainya pun bukan Allah yang mewajibkan puasa, maka manusia yang menyadari manfaat puasa, dan akan mewajibkannya atas dirinya sendiri.

Terbukti motivasi berpuasa (tidak makan atau mengendalikan diri) yang selama ini dilakukan manusia, bukan semata-mata atas dorongan ajaran agama. Misalnya demi kesehatan, atau kecantikan tubuh, dan bukankah pula kepentingan pengendalian diri disadari oleh setiap makhluk yang berakal?

Di sisi lain, bukankah Nabi Saw bersabda, "Seandainya umatku mengetahui (semua keistimewaan) yang dikandung oleh Ramadhan, niscaya mereka mengharap seluruh bulan menjadi Ramadhan."

Related

Moslem World 3944106368429035801

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item