Mengenal Penyakit Polio: Jenis, Penyebab, dan Gejala yang Timbul

Mengenal Penyakit Polio: Jenis, Penyebab, dan Gejala yang Timbul, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Polio, yang juga dikenal sebagai poliomyelitis, adalah penyakit yang sangat menular dan disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saraf. Anak-anak di bawah 5 tahun lebih mungkin untuk tertular virus ini daripada kelompok usia lain.

Terdapat tiga jenis polio, yakni polio subklinis, polio non-paralitik, dan polio paralitik. Diperkirakan, 95 hingga 99 persen orang yang terjangkit virus polio subklinis tidak menunjukkan gejala.

Akan tetapi, meski tanpa gejala, orang yang terinfeksi virus polio masih dapat menyebarkan virus dan menyebabkan infeksi pada orang lain.

Sementara polio non-paralitik memiliki gejala yang dapat terlihat hingga 10 hari. Tanda-tanda dan gejala-gejala ini dapat menyerupai flu dan dapat meliputi demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, muntah, hingga kelelahan.

Pada polio paralitik, virus polio menyebabkan kelumpuhan pada sumsum tulang belakang (spinal polio), batang otak (bulbar polio), atau keduanya (bulbospinal polio). Gejala awalnya mirip dengan polio non-paralitik.

Namun setelah seminggu, gejala yang lebih parah akan muncul termasuk hilangnya refleks, kejang parah dan nyeri otot, hingga kelumpuhan tiba-tiba, sementara atau permanen.

Related

Health 1335346107344652583

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item