New Normal: Pilih Tempat yang Sehat Lebih Penting daripada Instagrammable

 New Normal: Pilih Tempat yang Sehat Lebih Penting daripada Instagrammable, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sebelum pandemi mulai, pertimbangan orang untuk memilih tempat nongkrong adalah soal seberapa hit tempat itu, instagramable atau tidak, bentuk makanan lucu atau unik, banyak direkomendasikan influencer atau tidak, baru enak atau tidaknya makanan.

Sebagai bagian dari the new normal, tempat makanan yang sehat, memerhatikan standar kebersihan, bakal jauh lebih dipilih dibanding yang sekadar menarik dilihat.

Sehat bukan berarti hanya dari segi makanan, tapi juga dari lokasi. Bagaimana tempat tersebut mengelola bisnisnya, kebersihan dan kesehatan karyawan dan pelanggannya, masker, keramaiannya, dan lainnya.

“Sebetulnya di toko sudah melakukan protokol pencegahan Covid-19. Kami udah siapkan wastafel dan chamber disinfektan—yang tentunya cairannya pakai antiseptik dan lebih aman. Lalu sebelum masuk ke dalam area pun, sudah ada tulisan aturan bagi pelanggan, semisal cuci tangan lagi dan pakai hand sanitizer yang sudah disiapkan,” ucap Numan Areban, pemilik coffee shop Elman Kopi.

“Jarak antar meja pun sudah diatur. Di smoking area yang di dalam, ditutup, meja dan kursi pun dikurangi dan diberi jarak. Smoking area yang di luar juga cuma disiapkan tiga meja kecil dan masing-masing ada 1 kursi, dan thermo gun juga dipakai di toko. Tapi sejak PSBB kami hanya delivery order dan take away saja.

“Tapi jika pun nanti PSBB dilonggarkan dan mulai bisa beroperasi, masih akan memakai aturan tersebut. Karena biar gimana pun, kita nggak pernah tahu, siapa yang kena apa, dan siapa yang bisa nularin ke siapa. Ini sebagai bentuk pencegahan juga. Jadi, nanti jika pun ada pelanggan yang datang, dianjurkan untuk bergantian dengan yang lain.”

“Dari banyaknya yang datang, mau nggak mau, mereka harus bergantian. Enggak bisa nongkrong lama-lama. Dan jam operasional pun dimajukan, untuk jam tutupnya.”

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Health 647825953120469235

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item