Obesitas dan Diabetes, Dua Penyakit yang Kini Rawan di Indonesia

Obesitas dan Diabetes, Dua Penyakit yang Kini Rawan di Indonesia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Obesitas dan diabetes dulu merupakan penyakit di negara maju, namun tren ini sudah bergeser ke negara berkembang, karena semakin banyak orang mengonsumsi makanan olahan dan makanan yang kandungan garam, gula, dan lemak jenuhnya tinggi.

Akibatnya banyak orang menderita obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Penyakit ini mulai menjadi masalah kesehatan di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Hingga tahun 2018, 35,4% orang Indonesia kelebihan berat badan atau menderita  obesitas. Sepuluh tahun sebelumnya, lebih dari 5% hidup dengan diabetes. Sayangnya, sistem perawatan kesehatan di Indonesia tidak memiliki kapasitas untuk mengatasi meningkatnya beban penyakit kronis ini.

Meningkatnya beban ini dikaitkan dengan peningkatan konsumsi gula di Indonesia dalam dekade terakhir ini, terutama dari minuman manis.

Indonesia adalah pasar besar bagi produk minuman ringan dan minuman energi. Permintaan jenis minuman ini tumbuh sekitar 8-10% setiap tahun. Total penjualan diperkirakan mencapai US$12,9 miliar (sekitar Rp180 triliun) pada 2019 - yang berarti sekitar 39 liter per orang.

Di Indonesia, kelompok berpenghasilan tinggi menghabiskan sekitar 27 kali lebih banyak minuman manis daripada kelompok berpenghasilan rendah. Ini karena orang yang lebih kaya mampu membayar gaya hidup ini.

Related

Health 3332952526115074192

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item