Panduan Aman Menyimpan Uang Dalam Deposito Berjangka di Bank

Panduan Aman Menyimpan Uang Dalam Deposito Berjangka di Bank, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Salah satu bentuk investasi yang dirasa cukup aman adalah deposito. Selain itu, investasi ini juga sangat mudah dipahami. Apalagi bila dibandingkan dengan tabungan biasa yang bunganya tidak setinggi bunga deposito, ditambah lagi ada biaya administrasi.

Oleh sebab itu, banyak orang yang lebih memilih untuk berinvestasi di deposito berjangka. Tawaran bunga deposito yang semakin tinggi, menarik minat orang untuk berinvestasi di instrument ini.

Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk tetap waspada dengan tawaran bunga deposito yang tinggi. Sebab, tidak menutup kemungkinan merupakan umpan alias jebakan saja.

Tak sedikit jumlah kasus penipuan deposito yang beredar di masyarakat. Terutama jika pembukaan deposito tidak dilakukan langsung dari bank yang bersangkutan. Iming-iming imbal hasil investasi yang menggiurkan, merupakan perangkap bagi para calon investor.

Oleh sebab itu, ketahui beberapa hal terkait dengan penipuan deposito yang marak terjadi. Sehingga Anda sebagai investor dapat lebih selektif memilih produk investasi.

Berikut beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum menempatkan dana Anda di deposito, agar tidak terperangkap dalam jebakan bunga tinggi yang menggiurkan:

Pilih bunga deposito yang sesuai dengan jaminan LPS

Tentu masih segar di ingatan bagaimana krisis ekonomi yang menimpa Indonesia dua dekade silam, yakni tahun 1997/1998. Saat itu, banyak bank bangkrut, sehingga memicu pemerintah untuk mengadakan program penjaminan simpanan bank.

Program ini dikelola oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang telah memberikan kenyamanan bagi para nasabah bank. Dengan LPS, maka bila nasabah berinvestasi atau menyimpan uangnya di bank yang dijamin LPS, bila bank mengalami masalah maka simpanan atau investasi nasabah dapat diganti oleh LPS.

Walaupun demikian, ada beberapa syarat dan batasan yang diberikan oleh LPS. Simpanan atau investasi yang digantikan hanya terbatas, yakni sebesar syarat yang ditentukan oleh LPS.

LPS juga mengeluarkan ketentuan maksimum besar simpanan per individu yang dijamin oleh pihak LPS adalah sebesar Rp2 miliar. Artinya, jika investor menyimpan dana lebih dari Rp2 miliar di suatu bank, maka simpanan tersebut tidak akan dijamin LPS.

Juga, apabila Anda menyiapkan deposito berjangka dengan bunga 12% misalnya, maka deposito berjangka tersebut juga tidak akan dijamin oleh LPS, sekalipun bank tempat Anda berinvestasi merupakan salah satu anggota LPS.

Selalu ada risiko di balik keuntungan

Pertumbuhan investasi dengan risiko rendah semacam deposito tidak mungkin bunganya akan jauh melebihi standar suku bunga yang dijadikan acuan umum, seperti misalnya suku bunga dari Bank Indonesia (BI).

Sebagai pembanding, suku bunga acuan bank sentral Indonesia (BI 7 day repo rate) saat ini sebesar 4,25%. Maka batas bunga yang dijamin LPS hanyalah sebesar 5,75%. Suku bunga obligasi juga hanya sekitar lima koma sekian persen.

Melihat hal itu, maka jika ada investasi deposito di atas 8%, maka investasi tersebut tentu mengandung risiko yang lebih besar pula.

Sekalipun apabila promo deposito berbunga tinggi tersebut ditawarkan oleh bank nasional ataupun bank daerah resmi yang terdaftar, tetap saja Anda perlu berhati-hati.

Waspada deposito palsu

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah tempat Anda memutuskan untuk berinvestasi deposito. Sebab bukan tidak mungkin adanya penipuan pemalsuan sertifikat deposito.

Para pelaku penipuan deposito palsu biasanya membujuk dan merayu calon investor dengan berbagai cara. Dan cirinya biasanya pelaku tidak akan melakukan transaksi pembukuan serta pencairan deposito di kantor cabang bank resmi (secara offline). Melainkan di tempat yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kredibilitasnya.

Pastikan identitas orang tersebut sesuai dengan daftar kepegawaian bank. Sekalipun Anda mendapati pegawai tersebut benar pegawai bank bersangkutan, tetap saja kondisi paling aman dalam membuka deposito adalah pada bank resmi.

Nikmati keuntungan deposito yang wajar

Dengan mengetahui sistem investasi deposito berjangka, tentunya sangat yakin akan pilihan menyimpan dana melalui deposito. Dengan mengetahui hal-hal penting menyangkut deposito, Anda dapat memilih dan melakukan langkah yang tepat dalam berinvestasi pada deposito.

Jika mungkin Anda sudah memiliki beberapa deposito, sebaiknya periksa deposito Anda, apakah terjamin atau tidak. Sehingga nantinya Anda sungguh-sungguh akan mendapatkan jaminan keamanan serta keuntungan yang semaksimal mungkin.

Related

Tips 6655830672234145194

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item