Warga Lebih Percaya Dukun untuk Obati Virus Corona, Ini Kata Bupati Bogor

Warga Lebih Percaya Dukun untuk Obati Virus Corona, Ini Kata Bupati Bogor, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Bupati Bogor, Ade Yasin, maklum ada warganya lebih percaya dukun ketimbang rumah sakit untuk mengobati Covid-19. Ade buka suara setelah ada warga Kabupaten Bogor yang positif Covid-19 mendatangi dukun untuk minta disembuhkan.

Ade Yasin mengatakan hal itu bisa dimaklumi, karena terjadi di wilayah paling timur Kabupaten Bogor. Di kawasan itu masih banyak ditemukan warga yang belum paham bahaya Covid-19.

"Pengetahuannya tentang bahaya Covid-19 belum maksimal, jadi dia memilih dukun. Tapi sudah kami amankan," kata Ade.

Bupati Bogor mengatakan, saat ini perempuan positif Covid-19 berusia 42 tahun yang datang ke dukun itu sudah diisolasi dan ditangani tim medis.

Dia menyayangkan tindakan pasien itu, yang menambah pekerjaan tenaga medis melacak warga yang kontak dengan perempuan positif Covid-19 tersebut.

Ade mengatakan, jika pasien berobat ke tempat yang salah maka jaringan atau potensi penyebaran bisa bertambah dan meluas. "Kalau sudah begitu, bukan hanya keluarganya, tapi keluarga si dukun dan orang yang berinteraksi dengannya juga kan harus kita periksa," kata Ade Yasin.

Dengan adanya kejadian tersebut, Ade Yasin meminta warga Kabupaten Bogor untuk patuh terhadap aturan dan anjuran Pemerintah. Jika ada yang mengalami gejala Covid-19 sebaiknya tetap di rumah dan menghubungi tim medis atau Puskesmas setempat.

Bupati juga memohon masyarakat untuk tidak menganggap enteng penyebaran Covid-19. Apalagi ada warga sudah dinyatakan positif malah beralih ke dukun sehingga penyebaran meluas.

"Jangan sampai Kabupaten Bogor kekurangan tenaga medis satu per satu karena bandelnya orang seperti ini," kata Ade.


Related

News 5331926857922671842

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item