Banyak yang Tidak Tahu, Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar dan Sehat

Banyak yang Tidak Tahu, Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar dan Sehat, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Kesehatan gigi dan mulut seringkali terabaikan. Termasuk kebiasaan menyikat gigi yang kurang tepat. Bagaimana sebenarnya cara menyikat gigi yang benar?

Kamu perlu tahu bahwa menyikat gigi dengan tepat juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Ya, kesehatan gigi dan mulut juga memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ketahui cara tepat menyikat gigi dalam penjelasan berikut ini:

Manfaat rutin menyikat gigi dengan tepat

The American Dental Association memberikan rekomendasi untuk menyikat gigi dua kali sehari, masing-masing selama 2 menit.

Saat kamu menyikat dengan benar, itu sama artinya menghilangkan penumpukan plak dan bakteri yang dapat dikumpulkan di antara gigi dan lidah.

Hal ini dapat mencegah penyakit gusi dan kerusakan gigi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, dan gaya hidup yang lebih sehat.

Namun sayangnya, walaupun menyikat gigi adalah salah satu kegiatan yang mudah dilakukan, tetapi masih banyak orang yang lalai membersihkan gigi dan mulut, hanya karena merasa kondisi mulut sudah bersih.

Padahal, struktur gigi sangat rumit sehingga makanan serta kuman akan dengan mudah bersembunyi di sela-sela yang tak terlihat oleh mata.

Cara menyikat gigi yang benar

Dilansir dhsv.org.au, berikut ini beberapa langkah cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Langkah pertama, kamu cukup arahkan sikat gigi pada sudut 45 derajat ke arah garis gusi. Kemudian gunakan pasta gigi secukupnya. Pastikan pasta gigi yang kamu gunakan tidak terlalu banyak.

Selanjutnya, untuk menggosok gigi dengan sikat, gunakan gerakan memutar yang sangat lembut. Ulangi pada permukaan bagian dalam secara merata. Tak hanya itu, kamu juga perlu menggunakan gerakan maju dan mundur ringan pada permukaan mengunyah.

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, keluarkan pasta gigi setelah disikat. Tidak memakan waktu yang lama, dengan cara itu kamu sudah bisa menjaga kesehatan tubuh dengan menyikat gigi yang benar.

Jangan lupa rutin mengganti sikat gigi

Selain perlu tahu cara menyikat gigi yang tepat, jangan lupa rutin mengganti sikat gigi 3 bulan sekali. Efektivitas menyikat gigi yang baik dan benar tidak akan berhasil jika sikat gigi jarang diganti.

Ketika kamu tidak mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali, hal tersebut akan menyebabkan bersarangnya kuman pada sela-sela bulu sikat gigi.

Sikat gigi cukup dilakukan dua kali sehari, yakni setengah jam sesudah sarapan dan sebelum tidur. Perlu kamu ketahui jika mulut tidak dibersihkan setelah makan, maka kuman akan muncul dalam 72 jam serta menempel pada gigimu.

Demi menjaga kesehatan mulut serta gigi, mulailah membiasakan berkumur untuk mencegah kuman perusak gigi berkembang biak, dan menyingkirkan makanan yang lengket di gigi.

Related

Tips 6874644611338330281

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item