Bersih-bersih dapat Meredam Kecemasan karena Corona, Ini Penjelasannya

Bersih-bersih dapat Meredam Kecemasan karena Corona, Ini Penjelasannya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Masa isolasi dan pandemi infeksi virus corona atau Covid-19 memang membuat hati waswas dan cemas. Aktivitas bersih-bersih kerap berhasil menurunkan kadar cemas.

Bukan tanpa alasan kadar kecemasan menurun setelah Anda menyibukkan diri dengan bersih-bersih. Kegiatan ini disebut ampuh untuk memberikan ketenangan diri.

"Orang-orang semakin kewalahan dan tidak berdaya menghadapi Covid-19. Ketidakpastian tentang ke mana situasi ini [pandemi] mengarah membuat kacau," ujar psikolog Maggie Vaughan, melansir Huffington Post.

Saat hal-hal terasa jauh di luar kendali, banyak orang beralih ke ritual tertentu, seperti aktivitas bersih-bersih untuk menenangkan diri.

Berikut beberapa alasan bersih-bersih bisa jadi salah satu alat penghilang stres yang efektif untuk saat ini.

Memberi rasa kontrol terhadap lingkungan

Kecemasan muncul saat seseorang melihat keberadaan ancaman, yang dalam hal ini adalah Covid-19 yang menyebar dengan cepat di seluruh dunia.

"Saat kita mencari cara untuk mengurangi perasaan tidak berdaya [kecemasan terhadap Covid-19], bersih-bersih adalah salah satu cara untuk mengatasinya," ujar psikolog, Jaime Zuckerman.

Bersih-bersih, kata Zuckerman, membantu orang menyaring gambaran yang lebih besar dan tidak pasti. Dalam aktivitas bersih-bersih, seseorang memegang kendali untuk mengatur semuanya. Dengan kata lain, dengan bersih-bersih, Anda memastikan tinggal di lingkungan yang bersih sebagaimana menjadi poin penting dalam pencegahan Covid-19.

Meningkatkan endorfin

Bersih-bersih adalah bentuk ritual atau perilaku berulang. Perilaku berulang seperti menggosok lantai memberikan manfaat yang sama seperti berolahraga. Selain mengurangi hormon stres, aktivitas bersih-bersih juga merangsang produksi endorfin, yang dapat meningkatkan suasana hati.

Meningkatkan kepercayaan diri

Berhasil menyelesaikan agenda bersih-bersih yang menantang, seperti merombak kamar yang semrawut, membuat Anda merasa mampu untuk menangani area lain dalam hidup yang terasa menakutkan atau tidak terkendali.

"Kepercayaan diri yang lebih besar mendorong seseorang untuk mengatasi tantangan lain dalam kehidupan," ujar psikolog Forrest Talley.

Dengan keberhasilan tersebut, lanjut Talley, artinya Anda mampu mengendalikan situasi cemas dengan mengambil langkah-langkah yang wajar untuk mengatasi masalah.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Psychology 7113892257524203929

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item