Canggih, All New Honda Jazz Hybrid Bakal Adopsi Teknologi F1

Canggih, All New Honda Jazz Hybrid Bakal Adopsi Teknologi F1, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Honda Motor Europe Ltd. berencana mengaplikasikan mesin hybrid yang diadopsi dari teknologi mobil balap untuk model terbaru All New Honda Jazz.

Rencananya, mobil terbaru itu akan diluncurkan akhir tahun ini. Bermodal pengalaman dari tim balap F1, Honda mengaplikasikan keahliannya dalam merancang Hybrid Power Unit (PU) ke dalam sistem hybrid terbarunya, e:HEV.

“Di mesin e:HEV yang kami rancang, kami mengaplikasikan pengalaman dari ajang balap untuk memastikan mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang besar dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada mode berkendara apapun,” ujar Yasuaki Asaki, Head of PU Development, dalam keterangannya.

Dalam pengaplikasiannya, mesin terbaru dari Honda Formula 1, bernama RA620H, menggunakan mesin 1.600 cc dengan enam silinder dan internal combustion engine, serta dikombinasikan dengan Energy Recovery System.

Sistem hybrid yang ada memungkinkan energi untuk didaur ulang dari pengereman dan gas buang, guna memberikan tenaga tambahan yang dapat menambah kecepatan mobil dan mengurangi gejala lag atau kurang responsif pada kendaraan.

Dengan menggunakan sistem e:HEV, mesin hybrid akan mendaur ulang energi dan memanfaatkannya untuk mengisi baterai dan menciptakan tenaga yang lebih besar.

Mesin tersebut terdiri dari dua buah komponen motor elektrik yang terhubung dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC, sebuah baterai lithium-ion, dan sebuah transmisi fixed-gear melalui intelligent power control unit yang bekerja secara berkesinambungan untuk memberikan respons yang cepat dan halus.

Di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek mobil Honda mengatakan masih mempelajari kemungkinan membawa lebih banyak pilihan mobil hatchback, segmen yang memang dirajainya di Tanah Air.

Namun santer terdengar bila pabrikan mobil asal Jepang ini bukan ingin memboyong All New Honda Jazz ke Indonesia. Namun Honda City hatchback sebagai pengganti Honda Jazz.

Honda Jazz memang selama beberapa tahun terakhir selalu menguasai segmen hatchback di Indonesia, tetapi volume penjualannya terus turun. Pada 2019 lalu misalnya penjualan Honda Jazz mencapai 12.168 unit, turun dari 14.270 unit pada 2018, dan 16.100 unit di 2017.

Related

News 7237726828784934747

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item