Dunia Dicekam Wabah Corona, Amerika Kirim Astronaut ke Luar Angkasa

Dunia Dicekam Wabah Corona, Amerika Kirim Astronaut ke Luar Angkasa, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Penyebaran virus COVID-19 yang terjadi di berbagai negara di dunia, membatalkan berbagai kegiatan yang akan dilakukan oleh masyarakat. Meski demikian, pandemi virus Corona baru itu tak menghalangi Amerika Serikat untuk mengirim astronot ke luar angkasa.

Melansir dari laman Science Alert, selama hampir satu dekade ini mereka mengandalkan roket Soyuz untuk mengirim astronot ke Stasiun Luar Angkasa (ISS). Kini ada Roket SpaceX.

Roket ini jadi yang pertama membawa pesawat berawak dari tanah Amerika Serikat. SpaceX untuk pertama kalinya mengantar dua astronot Amerika Serikat ke luar angkasa.

Badan Penerbangan dan Antariksa (National Aeronautics and Space Administration/NASA) telah mengumumkannya secara resmi dan kini mereka tidak akan lagi bergantung pada Rusia.

Lembaga asal negeri Paman Sam itu memang sudah merencanakan penerbangan perdana. Tekad mereka tetap teguh meski saat ini dunia sedang dilanda wabah virus corona (COVID-19).

Astronot yang pergi ke ISS adalah Robert Behnken dan Douglas Hurley, dengan roket Falcon 9 dan pesawat ruang angkasa Crew Dragon, yang juga keluaran SpaceX.

Mereka lepas landas pada pukul 16:32 waktu setempat di landasan peluncuran bersejarah 39A, di Kennedy Space Center, Florida, yang juga digunakan untuk misi Apollo dan pesawat ulang-alik.

Behnken dan Hurley telah berlatih selama bertahun-tahun untuk misi ini, karena disebut penting untuk melepaskan ketergantungan mereka pada Rusia. Pesawat Crew Dragon merupakan hasil modifikasi Dragon SpaceX yang berfungsi mengantar barang ke ISS sejak 2012.

Dari mereka lepas landas dibutuhkan waktu hingga 24 jam untuk sampai ke ISS. Saat ini ISS masih dihuni oleh satu astronot NASA dan dua astronot Rusia. Sebelum menggunakan Soyuz, mereka memanfaatkan pesawat ulang-alik selama tiga dekade.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 218832602950193011

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item