Ini 10 Kebiasaan Baik yang Membantu Gigi Selalu Sehat dan Kuat

Ini 10 Kebiasaan Baik yang Membantu Gigi Selalu Sehat dan Kuat,naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Tak hanya senyum ceria yang membuat Anda terlihat lebih muda, tapi mulut yang sehat juga menjadi indikator kalau Anda dalam kondisi yang sehat.

Ingin agar gigi Anda jadi kuat dan sehat? Selain menyikat gigi secara teratur, ternyata ada aneka kebiasaan agar gigi kita jadi sehat. Tak hanya senyum ceria yang membuat Anda terlihat lebih muda, tapi mulut yang sehat juga menjadi indikator kalau Anda dalam kondisi yang sehat.

Berikut aneka kebiasaan baik agar gigi makin terawat dan sehat.

Batasi karbohidrat

Memang karbohidrat tak terasa manis seperti halnya permen, tapi jika kita tak berhati-hati, karbohidrat ternyata bisa merusak gigi dan gusi. Ini karena semua karbohidrat mampu diuraikan tubuh menjadi gula, yang diubah bakteri dalam mulut menjadi plak, residu yang akan menempel pada gusi dan gigi, serta menjadi penyebab penyakit gusi serta gigi berlubang.

Makanan yang mengandung karbo seperti roti serta roti crackers, cenderung memiliki tekstur yang lengket pada gigi, serta kenyal saat dikunyah, yang membuatnya mudah terjebak di antara sela-sela gigi atau di bawah gusi, dimana bakteri bisa tumbuh dan berkembang biak.

Anda bisa mengatasinya dengan memakan karbohidrat saat makan berat. Karena ketika kita makan dalam porsi yang besar, mulut akan menghasilkan lebih banyak ludah yang akan membantu membersihkan partikel makanan dari rongga mulut.

Hindari minum soda lalu menyikat gigi

Setelah minum soda atau minuman lain yang mengandung kadar asam, hindari langsung menyikat gigi. Ini karena kombinasi asam dari minuman dengan aksi abrasif dari menyikat gigi bisa merusak lapisan enamel gigi.

Untuk melindungi gigi, segera minum air mineral setelah minum soda, atau mengunyah permen karet untuk menetralisir asam dengan ludah secara alami, barulah kemudian menyikat gigi.

Jika Anda memiliki penyakit maag, coba ikuti langkah yang sama, karena maag akan menyebabkan mulut memiliki tingkat keasaman yang lebih dibanding mereka yang tak mengalaminya.

Tingkatkan konsumsi vitamin C

Vitamin C bisa diibaratkan layaknya semen yang merekatkan seluruh sel tubuh Anda. Tak hanya penting bagi kulit kita, vitamin C juga berguna bagi kesehatan jaringan gusi.

Menurut studi yang dilakukan State University of New York pada lebih dari 12 ribu orang dewasa di AS, mereka yang terbiasa mengonsumsi 180 mg vitamin C atau lebih setiap hari bisa terhindar dari penyakit gusi.

Minum teh

Kandungan antioksidan dalam teh baik untuk kesehatan gusi kita. Teh hitam dan hijau memiliki polyphenol, antioksidan yang mencegah terjadinya plak pada gigi dan mengurangi pertumbuhan lubang pada gigi serta penyakit gusi.

Selain itu, teh juga mencegah bau mulut karena mencegah perkembangan bakteri yang menyebabkan timbulnya bau. Teh juga memiliki fluoride yang membantu melindungi lapisan enamel gigi dari pembusukan, dan membuat gigi jadi sehat.

Minum dengan sedotan

Kebanyakan soda dan minuman energi serta jus mengandung asam seperti asam citric dan phospor. Asam ini dapat merusak lapisan enamel bahkan kendati Anda memilih minuman diet ataupun sugar free.

Meminumnya menggunakan sedotan dan langsung ke arah kerongkongan, mencegah kontak antara asam dengan gigi, dan menjaga kesehatan lapisan enamel pada gigi.

Tingkatkan konsumsi kalsium

Seperti halnya kesehatan tulang, menambah konsumsi kalsium juga baik untuk gigi. Menurut studi yang dilakukan peneliti dari University Buffalo, dengan mengonsumsi 800 mg kalsium tiap hari bisa mengurangi penyakit gigi dan gusi.

Sekitar 99 persen kalsium dari tubuh Anda didistribusikan ke tulang dan gigi. Anda bisa mendapatkan kalsium dengan mengonsumsi keju, susu serta yogurt.

Kadar kalsium yang dianjurkan bagi wanita dewasa di bawah 51 tahun setiap hari adalah 1.000 mg, sementara bagi yang lebih dari 51 tahun sebanyak 1.200 mg.

Mengonsumsi suplemen kalsium bisa memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari, tapi akan lebih baik jika Anda mendapatkan tambahan kalsium dari makanan yang dikonsumsi tiap hari.

Lindungi gigi saat berenang

Mungkin hal ini terdengar mengejutkan, tapi penelitian menemukan kolam renang dengan kadar klorin yang tinggi bisa merusak lapisan enamel gigi. Jika Anda terbiasa berenang, siapkan odol saat berenang. Sikatlah gigi dan bilas dengan larutan kumur setelah berenang lebih dari sejam untuk mengurangi risiko tersebut.

Konsumsi apel

Buah-buahan seperti apel, seledri, wortel, bertindak seperti sikat gigi kecil saat Anda mengunyahnya. Tanpa kita sadari, mereka bertindak menghilangkan noda membandel pada gigi.

Keberadaan zat asam natural dari apel dengan kombinasi tekstur yang kasar serta serat membuatnya jadi buah yang ideal untuk membersihkan dan mencerahkan gigi. Tapi jangan lupa untuk berkumur dengan segelas air setelah Anda memakan apel, agar tak ada sisa makanan yang tertinggal dalam rongga mulut.

Berciuman

Tanpa kita sadari, berciuman dengan pasangan juga melindungi gigi. Dengan berciuman, kita meningkatkan kadar ludah dalam mulut, sekaligus membersihkan gigi dari bakteri penyebab gigi berlubang.

Konsumsi whole grain

Menurut riset dari McMaster University, Kanada, mengonsumsi makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti havermut, jelai (barley), atau beras merah, membuat gigi terjaga kesehatannya.

Selain itu, whole grain juga menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, dan lain-lain. Anda bisa mendapatkan manfaat dari whole grain dengan mengonsumsi beras merah, oat, serta barley.

Related

Tips 8846527953782048542

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item