Ingat, Ini 10 Tanda dan Gejala Utama Terkena Virus Corona (Bagian 1)

Ingat, Ini 10 Tanda dan Gejala Utama Terkena Virus Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Para ilmuwan belajar lebih banyak setiap hari tentang virus corona (COVID-19) yang semakin misterius. Bahkan mereka juga menggali lebih jauh soal gejala yang ditimbulkan virus ini.

Gejala tersebut seperti, demam, batuk dan sesak napas, ditemukan di sebagian besar kasus Covid-19. Meski begitu, ada sinyal lain dari gejala corona, beberapa yang sangat mirip flu yang lebih tidak biasa.

Setiap atau semua gejala dapat muncul mulai dari dua hingga 14 hari setelah terpapar virus, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Berikut ini adalah 10 tanda bahwa Anda terjangkit Covid-19.

Sulit bernapas

Ini tak sekadar gejala awal, tapi gejala betapa seriusnya virus telah menginfeksi tubuh. Itu bisa terjadi dengan sendirinya, tanpa batuk. 

Jika dada Anda merasa sesak atau Anda mulai merasa seolah-olah tidak bisa bernapas cukup dalam, itu pertanda Anda harus bertindak cepat.

Jika ada sesak napas, segera hubungi penyedia layanan kesehatan, perawatan darurat setempat, atau departemen darurat. CDC mencantumkan tanda-tanda peringatan darurat lain untuk Covid-19 sebagai rasa sakit yang terus-menerus atau tekanan di dada, bibir atau wajah kebiruan, yang dapat mengindikasikan kekurangan oksigen.

Demam

Demam adalah tanda kunci Covid-19. Karena beberapa orang dapat memiliki suhu tubuh inti lebih rendah atau lebih tinggi dari suhu normal 37,6 derajat Fahrenheit (37 derajat Celcius), para ahli mengatakan tidak memfokuskan pada angka.

Namun, sebagian besar anak-anak dan orang dewasa tidak akan dianggap demam sampai suhunya mencapai 37,7 derajat Celsius.

"Ada banyak kesalahpahaman tentang demam. Kita semua benar-benar naik turun sedikit pada siang hari sebanyak setengah derajat atau satu derajat. Bagi kebanyakan orang 99,0 derajat atau 99,5 derajat Fahrenheit bukan demam," kata Dr. John Williams, kepala divisi penyakit menular anak-anak di Rumah Sakit Anak Pittsburgh University Medical Center, Pittsburgh.

Jangan mengandalkan suhu yang diambil di pagi hari, kata pakar penyakit menular Dr. William Schaffner, seorang profesor kedokteran pencegahan dan penyakit menular di Vanderbilt University School of Medicine di Nashville. Sebagai gantinya, ambil suhu tubuh Anda di sore hari dan malam hari.

Batuk kering

Batuk adalah gejala umum lainnya, tetapi bukan seperti batuk biasa. "Itu bukan rasa geli di tenggorokan. Anda tidak hanya berdehem. Batuk itu mengganggu, batuk kering yang Anda rasakan jauh di dalam dada. Itu berasal dari tulang dada atau tulang dada Anda, dan Anda dapat mengatakan bahwa tabung bronkial Anda meradang atau teriritasi," jelas Schaffner

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan, lebih dari 33% dari 55.924 orang dengan kasus Covid-19 yang dikonfirmasi laboratorium telah batuk berdahak, lendir kental yang kadang-kadang disebut dahak, dari paru-paru mereka.

Menggigil dan nyeri sekujur tubuh

Tidak semua orang akan memiliki reaksi yang parah, kata para ahli. Beberapa mungkin tidak menggigil atau sakit sama sekali. Orang lain mungkin mengalami demam seperti flu yang lebih ringan, kelelahan dan sakit pada sendi dan otot, yang dapat membuatnya sulit untuk mengetahui apakah itu flu atau virus korona yang harus disalahkan.

Salah satu tanda mungkin Anda kena Covid-19 adalah jika gejala Anda tidak membaik setelah seminggu atau lebih, tetapi memburuk.

Kebingungan yang tiba-tiba

Berbicara tentang tanda-tanda yang memburuk, CDC mengatakan kebingungan yang tiba-tiba atau ketidakmampuan untuk bangun dan waspada mungkin merupakan tanda serius bahwa perawatan darurat mungkin diperlukan. 

Jika Anda atau orang yang dicintai memiliki gejala-gejala tersebut, terutama dengan tanda-tanda kritis lainnya seperti bibir kebiruan, kesulitan bernapas atau nyeri dada, CDC mengatakan untuk segera mencari bantuan.

Baca lanjutannya: Ingat, Ini 10 Tanda dan Gejala Utama Terkena Virus Corona (Bagian 2)

Related

Health 3406029993211235367

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item