Hal-hal Dasar dan Penting Seputar Virus Corona yang Perlu Kita Tahu (Bagian 1)

Hal-hal Dasar dan Penting Seputar Virus Corona yang Perlu Kita Tahu, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Waspada, harus. Panik, jangan. Dua frasa itu berlaku pula untuk menghadapi wabah virus corona (Covid-19) yang kita hadapi saat ini.

Apa saja yang perlu kita tahu? Berikut ini sejumlah informasi dalam format frequently asked quesion (FAQ) untuk wabah virus corona. Semoga pengetahuan mencegah kepanikan dan tindakan yang berlebih-lebihan, alih-alih kewaspadaan yang kita bangun bersama.

Berikut ini beberapa pertanyaan yang paling sering muncul (FAQ) seputar varian baru virus corona (2019-nCoV) yang menyebabkan penyakit alias wabah corona (Covid-19). Sumber jawaban antara lain dari situs Badan Kesehatan Dunia (WHO).

HAL-HAL DASAR

Apakah virus corona itu?

Virus corona (coronavirus) merupakan keluarga besar virus yang ditemukan pada hewan dan manusia.

Beberapa varian virus menginfeksi dan diketahui menyebabkan penyakit, mulai dari selesma biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Apakah novel virus corona (2019-nCoV yang memicu Covid-19) itu?

Novel corona virus (2019-nCoV) merupakan virus corona jenis baru yang sebelumnya belum terindentifikasi pada manusia. Virus ini ditengarai bermula dari kawasan Wuhan, China.

Setelah merebak luas, penyakit yang ditimbulkan oleh virus varian baru ini dinamai Corona Virus Disease 2019 alias Covid-19.

Apakah virus baru ini sama dengan SARS?

Virus ini tidak sama dengan SARS. Meski berasal dari keluarga virus yang sama, tetapi variannya berbeda.

Seberapa bahaya virus ini?

Seperti penyakit pernapasan lainnya, infeksi 2019-nCoV dapat menyebabkan gejala ringan termasuk pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam. Kondisi ini bisa menjadi lebih parah bagi beberapa orang, dan dapat menyebabkan pneumonia atau kesulitan bernapas.

Orang tua dan orang-orang yang sebelumnya mempunyai riwayat menderita penyakit lain seperti diabetes dan penyakit jantung, lebih rentan mengalami kondisi parah jika terkena virus ini.

PENCEGAHAN

Apa yang dapat dilakukan untuk melindungi diri?

Cuci tangan sesering mungkin. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air. Atau gunakan antiseptik berbasis alkohol, jika tangan tidak terlihat kotor.

Mengapa?

Mencuci tangan dengan sabun dan air, atau menggunakan antiseptik berbasis alkohol, menghilangkan virus di tangan.

Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan siku atau jaringan yang tertekuk. Bila memakai tisu untuk menutup mulut dan hidung setelah bersin, batuk, dan atau mengusap muka, segera buang tisu ke tempat sampah tertutup.

Lalu, bersihkan tangan dengan alkohol atau sabun dan air. Mengapa?

Menutupi mulut dan hidung ketika batuk dan bersin mencegah penyebaran kuman dan virus. Jika bersin atau batuk di tangan, Anda dapat mencemari benda atau orang yang disentuh. Demikian pula penggunaan tisu.

Buat jarak setidaknya satu meter (3 kaki) antara Anda dan orang lain, terutama bila ada yang batuk, bersin, dan atau demam.

Mengapa?

Ketika seseorang yang terinfeksi penyakit pernapasan, seperti Covid-19, batuk atau bersin, mereka memproyeksikan tetesan kecil yang mengandung virus. Jika terlalu dekat, Anda bisa menghirup virus itu.

Sebisa mungkin hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Mengapa?

Tangan yang menyentuh banyak permukaan dapat terkontaminasi oleh virus. Jika Anda menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang terkontaminasi, maka dapat memindahkan virus dari permukaan ke diri sendiri.

Baca lanjutannya: Hal-hal Dasar dan Penting Seputar Virus Corona yang Perlu Kita Tahu (Bagian 2)

Related

Health 615198252523687313

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item