Hal-hal Dasar dan Penting Seputar Virus Corona yang Perlu Kita Tahu (Bagian 4)

Hal-hal Dasar dan Penting Seputar Virus Corona yang Perlu Kita Tahu, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Hal-hal Dasar dan Penting Seputar Virus Corona yang Perlu Kita Tahu - Bagian 3). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Berapa lama masa inkubasi Covid-19?

Masa inkubasi merupakan waktu antara infeksi dan timbulnya gejala klinis penyakit. Perkiraan saat ini, periode inkubasi Covid-19 berkisar 1-12,5 hari dengan perkiraan rata-rata 5-6 hari. Estimasi ini akan disempurnakan bila tersedia lebih banyak data.

Berdasarkan informasi dari penyakit yang dipicu coronavirus lain seperti MERS dan SARS, periode inkubasi 2019-nCoV bisa mencapai 14 hari. WHO merekomendasikan bahwa tindak lanjut dari kontak kasus yang dikonfirmasi adalah 14 hari.

Apakah virus ini bisa ditemukan pada orang yang tidak menunjukkan gejala?

Informasi medis terperinci dari orang diperlukan untuk menentukan periode infeksi 2019-nCoV. Menurut laporan terbaru, mungkin saja orang dapat menularkan virus corona varian baru ini sebelum menunjukkan gejala dengan karakteristik yang signifikan.

Namun, berdasarkan data yang tersedia saat ini, orang-orang dengan virus varian baru corona berpengaruh besar terhadap penyebaran virus.

Apakah WHO mengubah saran perlindungan kesehatan?

Tidak, saran WHO masih sama. WHO telah mengeluarkan saran kepada orang-orang tentang cara melindungi diri dari infeksi 2019-nCoV, seperti halnya virus lain yang menyebar melalui pernapasan.

Selain itu, sangat penting bahwa petugas kesehatan dapat melindungi diri mereka sendiri dari infeksi.

Apakah aman menerima barang dari China atau daerah lain yang terkonfirmasi?

Aman. Orang yang menerima paket tidak berisiko tertular virus corona baru. Dari pengalaman dengan virus corona lain, kita tahu bahwa jenis virus ini tidak bertahan lama pada objek, seperti surat atau paket.

Apakah virus dapat menyebar melalui semprotan cairan?

Masalah yang berkaitan dengan aerosol sering muncul ketika orang ingin tahu cara melindungi diri dari penyakit pernapasan. Saat orang bersin atau batuk, mereka mungkin menyemprotkan tetesan yang besar, tetapi tetesan tersebut tidak tinggal di udara terlalu lama dan kemudian jatuh.

Prosedur perawatan kesehatan seperti intubasi dapat menyemprotkan tetesan kecil ke udara. Kita tahu tentang keterkaitan pencemaran lingkungan untuk MERS-CoV dan menemukan asam ribonukleat (RNA) virus dalam sistem penyaringan udara (tetapi bukan virus utuh).

Untuk varian baru virus corona ini masih perlu dilihat data, dan butuh pemahaman tentang cara penyebaran virus terjadi.

PENGOBATAN DAN PEMULIHAN

Apakah ada obat yang efektif untuk mencegah dan mengobati virus Covid-19?

Sampai saat ini, tidak ada obat khusus yang direkomendasikan untuk mencegah atau mengobati virus corona baru. Namun, mereka yang terinfeksi 2019-nCoV harus menerima perawatan yang tepat untuk meredakan dan mengobati gejala.

Mereka yang sakit parah harus mendapatkan perawatan suportif yang optimal. Beberapa perawatan spesifik sedang diselidiki dan akan diuji melalui uji klinis.

WHO membantu mengoordinasikan upaya untuk mengembangkan obat-obatan untuk mengobati nCoV dengan berbagai mitra.

Jika ingin melindungi diri dari infeksi varian baru virus corona, Anda harus menjaga kebersihan tangan dan pernapasan dasar, serta menjalankan praktik makanan yang aman, dan menghindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin.

Dalam kasus apa pun, jika Anda demam, batuk, dan sulit bernapas, cari perawatan medis sejak dini untuk mengurangi risiko terkena infeksi yang lebih parah, dan pastikan untuk membagikan riwayat perjalanan baru-baru ini dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Apakah antibiotik efektif mencegah dan mengobati virus Covid-19?

Antibiotik tidak bekerja melawan virus, melainkan hanya bekerja pada infeksi bakteri. Varian baru coronavirus merupakan virus, dan karenanya antibiotik justru tidak boleh digunakan sebagai sarana pencegahan atau pengobatan.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Health 5832760764933414802

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item