Ini Penyebab Anjing Menjadi Hewan yang Sangat Setia Pada Pemiliknya

Ini Penyebab Anjing Menjadi Hewan yang Sangat Setia Pada Pemiliknya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Kenapa anjing merupakan peliharaan yang setia? Penjelasan yang sederhana, kesetiaan anjing dikarenakan pemiliknya memberikan makan dan tempat tinggal untuk melindunginya.

Anjing adalah hewan berkelompok, mereka adalah makhluk sosial yang senang ditemani makhluk lain dan bergantung hidup satu sama lain. Jika sudah mendapatkan makan dan tempat tinggal, maka anjing menganggap seseorang itu sebagai kelompoknya dan pada akhirnya mengklaim sebagai tuannya.

Terlebih, kesetiaan adalah hal penting dalam makhluk hidup yang berkelompok. Begitu anjing dan manusia mulai saling mengandalkan, ikatan yang terjalin pun menjadi erat.

Tak hanya menunjukkan cinta, anjing bisa sangat selaras dengan pemiliknya. Anjing bahkan mulai memahami apa yang disukai atau dibenci tuannya.

Peneliti dari Universitas Lincoln di Inggris dan Universitas Sao Paulo di Brazil menemukan jika anjing memahami emosi positif dan negatif pada manusia berdasarkan ekpresi wajah dan vokalisasi, seperti dilansir dari Orvis News.

Ikatan yang kuat itu pun akan terus berkembang, bahkan anjing bisa mengenali pemiliknya melalui aroma. Penelitian ScienceDirect tahun 2005 mengungkap jika anjing akan bereaksi lebih kuat terhadap aroma pemiliknya, otaknya penuh dengan kebahagiaan dan emosi positif saat mencium aroma tuannya.

Namun terkadang perlu membuat anjing jadi lebih mandiri. Jangan sampai anjing terlalu terikat, agar tidak merasa stres ketika pemiliknya tak berada di sisinya dalam beberapa waktu. Pastikan ada lebih banyak orang di rumah memberikan kasih sayang yang sama sehingga anjing selalu bahagia.

Related

Science 6869424437585158872

Recent

item