Viral, Kisah Mengharukan Wanita Belanda Mencari Ibu Kandungnya di Indonesia (Bagian 2)

Viral, Kisah Mengharukan Wanita Belanda Mencari Ibu Kandungnya di Indonesia naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Viral, Kisah Mengharukan Wanita Belanda Mencari Ibu Kandungnya di Indonesia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Pada 1991, Tazia menjelaskan bahwa Widya datang langsung ke Indonesia bersama orangtua adopsinya. Mereka mengunjungi Panti Asuhan Kasih Bunda dan bertanya apakah bisa ketemu dengan ibu kandungnya.

"Panti asuhannya bilang 'oh bisa gampang'. Akhirnya diatur pertemuan tsb di Bandung. Mereka dipertemukan dengan ‘ibu’, ‘3 adik tiri’, dan ‘bibi’ di rumah ‘bibi’. Si ‘ibu’ menikah lagi dan punya 2 anak perempuan dan 1 laki-laki.

“Sampai saat ini, Widya meragukan kalau itu ibu kandungnya karena berbagai alasan, yaitu: Intuisi, dia merasa gak nyaman & gak ada koneksi. Di pertemuan itu, ‘ibu’ kasih dia surat dalam bahasa inggris, bilang kalau dia sakit dan minta uang. Ada rekeningnya juga di surat itu. Padahal ‘ibu’ gak bisa bahasa inggris. Surat terlihat seperti template.

"’Ibu’ juga kasih kode kalau surat itu rahasia jangan kasih tau ke orangtua adopsi. Ini ada videonya ya. Bisa didengar ‘ibu’ berbahasa & beraksen Jawa. Dan ada kemungkinan ‘bibi’ ternyata istri pertama dari suami baru ‘ibu’. Mungkin ada observasi/temuan lain?" tulis Tazia mewakili Widya.

Karena tak menemukan titik terang, Tazia mengungkapkan, Widya merasa marah hingga sempat kabur dari rumahnya di Belanda. Sayangnya setelah sadar dan timbul keinginan lagi untuk mencari ibu kandungnya di Indonesia, Widya kehilangan beberapa dokumen, seperti surat dari ‘ibu’ yang ada alamat dan rekening di Indonesia.

Karena sudah menemui jalan buntu, Widya dengan dibantu Tazia memutuskan mengutarakan kisahnya di Twitter. Dia berharap bisa menemukan ibu kandungnya melalui bantuan pengguna media sosial.

Sekarang ini Widya ingin mencari "ibu" dan "3 adik tiri" yang pernah ditemuinya dulu. Dia berharap bisa melakukan tes DNA untuk mencocokkannya.

"Kalau gak cocok, artinya itu bukan keluarga biologis dia. Setidaknya, itu akan jadi satu peace of mind dan pembenaran intuisi dia pas ketemu di thn 91. Sebagai penutup, ini ringkasan timeline-nya ya, dibuat oleh Widya.

“Semoga thread ini bisa berhasil membantu mempertemukan @Widyastuti2020 dengan ibu kandungnya. AMIN. Tolong bantu retweet & like juga ya. Kalau ada pertanyaan atau info, bisa langsung reply thread ini & mention Widya. Terima kasih!" pungkas Tazia.

Thread Tazia mengenai kisah Widya ini pun viral. Sampai saat ini thread tersebut telah mendapatkan 10.500 Retweets dan 151 komentar. Warganet yang berkomentar, ada yang ikut berempati dan mencoba memberikan informasi.

"Mbak Tazia dan mbak widya, nanti saya DM ya. Ini spoiler aja, jadi Teh F ini dulu sering nyariin keluarga orang Indonesia di belanda karena terlibat produksi acara ‘Spoorloos’ dari KRO TV di NL. Kalo di Indonesia acara ‘Tali Kasih’. Terusannya saya DM aja," tulis pengguna Twitter Sugar Mamang @mufmul sambil memberikan tangkap layar percakapan via Whatsapp.

"Sesuai UU 14/2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, informasi resmi dokumen transmigrasi yang anda sebutkan bisa dimohonkan oleh Widya atau kuasanya ke PPID Kementerian Transmigrasi Dan Ketenagakerjaan atau ke Dinas yang membidangi Transmigrasi di DIY," tulis akun BukanLord @LordBukan.

"Ya Allah baca ini sedih banget. Langsung nangis. It must be hard and though years for her and her biological mom. Hidup yg berat & Beratnya melepas anak supaya anaknya punya kesempatan hidup yg lebih baik. I hope they'll meet soon. And no more stories like this for other children," harap pengguna Twitter Felisma C @Felisma_C.

Semoga pencarian Widya membuahkan hasil, ya!

Related

News 5782236117146422365

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item