Kunci Sukses Taiwan Mengatasi Wabah Corona: Gesit, Cepat, dan Efektif

Kunci Sukses Taiwan Mengatasi Wabah Corona: Gesit, Cepat, dan Efektif, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Taiwan berhasil menekan angka penularan kasus corona di wilayahnya tanpa menerapkan lockdown. Dua kunci yang disebut sangat membantu Taiwan menekan angka penularan corona adalah pemeriksaan massal dan sikap pemerintah yang gesit.

Selain itu, wilayah yang terletak hanya 100 mil dari daratan China itu juga langsung membuat sistem penelusuran kontak untuk melacak kemungkinan terduga pengidap corona, membangun sistem karantina mandiri, hingga meningkatkan produksi peralatan medis seperti masker dan APD sejak Januari lalu.

Belajar dari pengalaman menangani wabah SARS pada 2003 lalu, pemerintah Taiwan juga langsung mengambil alih produksi dan distribusi masker yang merupakan barang langka serta mahal di beberapa negara akibat wabah corona.

Pada level pemerintah, Taiwan segera membentuk pusat komando penanganan corona yang dipimpin kementerian kesehatan. Pusat komando itu bertanggung jawab mulai dari menangani segala sumber daya yang berkaitan dengan penanganan virus hingga menggelar jumpa pers rutin demi melaporkan perkembangan penanganan wabah kepada publik secara rutin.

Taiwan juga merilis pemetaan kluster penyebaran corona demi meningkatkan kewaspadaan pada setiap warganya.

Taiwan bahkan memanfaatkan teknologi dengan membangun sebuah aplikasi yang bisa mempermudah warga melacak keberadaan masker di setiap apotek dan toko obat.

Kantor imigrasi Taiwan juga memberikan akses bagi rumah sakit dan klinik untuk membuka riwayat perjalanan setiap suspect hingga pasien corona selama 14 hari terakhir, demi memaksimalkan diagnosa dan pelacakan.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

World's Fact 4831406920669556939

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item