Masalah dan Perusakan Hutan Tropis di Tengah Pandemi Corona (Bagian 1)

Masalah dan Perusakan Hutan Tropis di Tengah Pandemi Corona,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Anda tidak sepenuhnya salah jika berpikir bahwa kebijakan karantina yang memaksa kita tinggal di rumah bisa menguntungkan lingkungan. Polusi di kota-kota besar menurun drastis, hewan liar semakin berani merambah perkotaan, dan banyak jalur sepeda dibuka di seluruh dunia.

Tapi ceritanya berbeda di hutan tropis.

Organisasi lingkungan melaporkan peningkatan deforestasi di tengah 'lockdown', seiring dengan meningkatnya perburuan dan penyelundupan binatang liar hingga pertambangan liar di seluruh dunia.

"Narasi bahwa lingkungan dapat istirahat selagi Covid-19 tidak sepenuhnya akurat," kata Sebastian Troeng, presiden eksekutif NGO Conservation International. "Ini akurat di kota dan area urban. Tapi, sayangnya, di wilayah terpencil, kondisinya berbalik."

Troeng mengatakan terlalu dini untuk mengetahui data terkait besaran masalah sejak karantina dimulai, tapi kantornya telah menerima laporan harian tentang peningkatan deforestasi dari penjuru dunia.

Brasil dan Kolombia telah mengalami peningkatan perambahan hutan dan pertambangan ilegal: Filipina juga melaporkan perambahan hutan ilegal dan penyelundupan hewan liar.

Kenya melaporkan peningkatan perburuan gading gajah dan hewan liar khas Afrika, juga peningkatan produksi arang, yang telah dianggap ilegal sejak 2018. Kamboja juga mengalami peningkatan pemburuan hewan liar, perambahan hutan dan pertambangan; laporan yang sama juga datang dari Venezuela dan Madagaskar.

Kesempatan dan keharusan

Kekhawatiran serupa terjadi di Malaysia dan Indonesia, yang memiliki tingkat deforestasi tertinggi di Asia Tenggara, sementara suku asli Ekuador dan komunitas keturunan Afrika melaporkan peningkatan pertambangan liar di Choco dan hutan hujan Amazon.

Ada dua faktor utama yang bisa mendorong tren tersebut, kata Troeng. Yang pertama adalah kelompok kriminal dan oportunis yang meningkatkan aktivitasnya, mengambil keuntungan dari karantina wilayah, dan menurunnya pengawasan hutan dan jumlah petugas pemerintah.

Yang kedua adalah bahwa orang yang tinggal di daerah pedesaan mengalami peningkatan tekanan ekonomi, dan dipaksa untuk bergantung pada alam untuk makanan dan pendapatan.

Dalam beberapa kasus, seperti Madagaskar dan Kamboja, ada migrasi dari kota ke desa yang besar, karena sebagian orang kehilangan pekerjaan di kota atau kembali ke rumah untuk bersama keluarga mereka selama karantina, yang kemudian memberikan tekanan ekstra pada lingkungan setempat.

"Apa yang membuatku khawatir adalah bahwa kita melihat tren yang muncul ini, dan mereka tidak akan berbalik ketika Covid-19, karena mereka terkait dengan faktor ekonomi," kata Troeng. "Jadi antisipasi saya adalah bahwa kita harus berurusan dengan ini untuk beberapa bulan dan tahun ke depan."

Konflik dan patogen

Penghancuran hutan tropis diyakini memiliki konsekuensi yang buruk. Bagi masyarakat adat dan komunitas lain yang tinggal di sana, itu berarti kehancuran cara hidup mereka, dan dapat menyebabkan konflik dengan para penjahat yang melanggar di wilayah mereka.

Penelitian juga menunjukkan bahwa menghancurkan ekosistem hutan tropis menimbulkan kemungkinan patogen baru melompat dari hewan ke manusia.

Hal itu juga mengancam kemampuan kita menghadapi perubahan iklim, mengingat hutan tropis merupakan komponen kunci dalam menyerap karbon dioksida dari atmosfer.

Kerugian Amazon

Salah satu keprihatinan terbesar saat ini adalah Amazon di Brasil, yang mengalami peningkatan deforestasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, peningkatan penambangan ilegal di wilayah adat, dan perluasan kasus Covid-19 di suku Amazon.

Brasil melaporkan kasus pertama Covid-19 pada 28 Februari, tetapi sementara sebagian besar aktivitas ekonomi berhenti, tidak demikian halnya dengan deforestasi.

Baca lanjutannya: Masalah dan Perusakan Hutan Tropis di Tengah Pandemi Corona (Bagian 2)

Related

World's Fact 4632911469304676437

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item