Masalah dan Perusakan Hutan Tropis di Tengah Pandemi Corona (Bagian 3)

Masalah dan Perusakan Hutan Tropis di Tengah Pandemi Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Masalah dan Perusakan Hutan Tropis di Tengah Pandemi Corona - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Tantangan perubahan sosial

Di Kolombia, karantina wilayah menimbulkan perubahan sosial yang memicu deforestasi. Penghancuran hutan hujan telah menjadi perhatian utama sejak 2016, ketika para gerilyawan FARC dan pemerintah Kolombia menandatangani perjanjian damai.

Ketika para gerilyawan didemobilisasi dari kawasan hutan yang mereka kuasai, mereka meninggalkan daerah terbuka untuk eksploitasi. Di banyak daerah, itu berarti kelompok bersenjata dan kejahatan terorganisir lainnya membuka hutan untuk ternak dan tanah padang rumput.

Otoritas negara telah menghentikan semua pembangunan pascakonflik dan program konservasi di daerah hutan terpencil ini, yang sebagian besar juga tidak memiliki akses ke sekolah, rumah sakit atau layanan publik lainnya.

Hal ini telah menciptakan kekosongan dari badan pemantauan hutan lainnya seperti LSM dan lembaga pemerintah.

"Semuanya adalah jenis siaga sekarang, dan saya yakin bahwa ini akan tercermin kemudian pada saat data mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi di wilayah ini," kata Carolina Gil, Direktur Regional Amazon dengan tim konservasi Amazon di Kolombia.

Gil mengatakan, bahkan sebelum karantina, ia menerima laporan bahwa penjaga taman di Taman Nasional Amazon dan daerah lindung telah menerima ancaman kematian dari kelompok bersenjata, memperingatkan mereka untuk meninggalkan pos mereka.

Jalan keluar

Solusi untuk deforestasi yang sedang berlangsung dan kegiatan ilegal tidak begitu mudah, kata Gil. Ini melibatkan pemantauan hutan yang lebih baik oleh pemerintah, tindakan tegas terhadap kejahatan terorganisir, dan lebih banyak program yang dikembangkan untuk memahami dan mendukung masyarakat di hutan hujan.

Hal ini juga melibatkan orang di kota dan luar negeri, membantu mereka untuk memahami peran mereka dalam deforestasi hutan tropis, katanya, dengan merenungkan bagaimana kebiasaan konsumen mereka - dari daging sapi untuk kokain - bisa mendukung itu.

"Kita harus sedikit lebih bijaksana dan ketat refleksi tentang deforestasi, yang tidak selalu berakhir di hutan. Hal ini juga dapat terjadi di pusat, di mana keputusan ekonomi dibuat," kata Gil.

Dalam jangka panjang, para konservasionis sepakat bahwa solusi untuk menyelamatkan hutan tropis dunia melibatkan kerja sama dengan masyarakat lokal, memberdayakan mereka untuk aktif di wilayah mereka sendiri.

Dalam beberapa kasus, ini termasuk mendukung gaya hidup adat tradisional; hidup dengan alam. Pada orang lain, ini melibatkan pengembangan arus pendapatan alternatif berkelanjutan yang melampaui proyek ekowisata.

Yang terakhir telah menjadi strategi konservasi populer selama bertahun-tahun, tetapi saat ini kesehatan global dan krisis ekonomi menunjukkan tidak selalu dapat diandalkan, kata Troeng.

Ini juga penting bagi pengambil keputusan di tingkat global untuk menyadari dinamika dan bergerak maju, ketika mereka mulai berpikir tentang investasi sumber daya untuk memulai perekonomian lagi.

"Saya pikir pasti ada kesempatan," kata Troeng Sebastian. "Mari kita cari tahu bagaimana kita dapat membalikkan tren negatif ini karena kita akan membutuhkannya dalam pertempuran melawan perubahan iklim."

Deforestasi yang memburuk tidak mungkin hilang ketika karantina diangkat; tekanan ekonomi yang sama akan tetap ada, serta kesempatan untuk mengeksploitasi hutan hujan.

Tentu saja, semakin lama kegiatan ilegal ini dibiarkan berkembang di daerah hutan tropis, semakin sulit untuk membalikkan kerusakan ekosistem ini dan masyarakat yang tinggal di hutan hujan.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

World's Fact 5388506971378649957

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item