Mengapa Pasien Covid-19 Kehilangan Indera Penciuman? Ini Penjelasan Ahli

Mengapa Pasien Covid-19 Kehilangan Indera Penciuman? Ini Penjelasan Ahli, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pakar dan ilmuwan kesehatan terus memberikan peringatan kepada pemerintah di berbagai negara yang mulai melonggarkan aturan penanganan Covid-19, agar berhati-hati dengan kemampuan virus jenis baru ini. Pasalnya, virus tersebut masih menunjukkan keganasan kendati sejumlah ilmuwan mengklaim mulai melemah.

Akan tetapi, rekam jejak virus yang terus diketahui menyebabkan berbagai gejala di banyak organ tubuh harus diwaspadai. Seperti yang ditemukan oleh Paul Garner, profesor penyakit menular di Sekolah Pengobatan Tropis Liverpool.

Dia mencatat pertempuran yang berlangsung pada pasien dengan gejala parah selama beberapa bulan terakhir. Dalam jurnalnya di BMJ dia menulis bahwa gejala-gejala yang disebabkan oleh virus baru itu terus berubah.

“Seperti kalender yang terus bergerak. Setiap hari ada kejutan, sesuatu yang baru,” katanya, seperti dikutip Express UK.

Survei luas gejala Covid-19 oleh Garner merupakan panduan yang bermanfaat. Ini adalah dokumen berharga untuk meningkatkan kesadaran tentang berbagai gejala yang mungkin dialami oleh seseorang yang terinfeksi virus.

Dalam catatannya, dia bercerita awalnya tidak mengira terkena Covid-19. Akan tetapi, dia skeptis dan melumuri tangannya dengan pemutih. Anehnya, Garner tidak mencium bau klorin yang terkandung dalam cairan pemutih tersebut.

Dia sadar telak kehilangan kemampuan tersebut. Adapun, kehilangan bau saat ini telah diidentifikasi sebagai salah satu gejala utama yang disebabkan oleh infeksi Covid-19 pada sejumlah pasien.

Harvard Health menyakini hal tersebut merupakan hasil dari patogen yang mempengaruhi fungsi otak. National Health Service juga menyebut kebanyakan orang dengan virus corona memiliki gejala serupa.

Jadi, gejala virus corona semakin hari semakin terlihat beragam. Gejala paling umum yang bisa ditemukan pada pasien adalah pilek, sakit tenggorokan, batuk, demam, hingga kehilangan kemampuan merasakan bau.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Science 1473122904947818804

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item