Pentingnya Mencuci dan Membersihkan Rambut Selama Pandemi COVID-19

Pentingnya Mencuci Rambut Selama Pandemi COVID-19, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Menerapkan pola hidup bersih selama pandemi COVID-19 tentu menjadi kewajiban kita semua, sebab dengan tingkat kebersihan tinggi, kita pun bisa menghalau segala mikroorganisme yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

Jika mencuci tangan dan mandi sudah biasa diterapkan, bagaimana dengan keramas atau membersihkan rambut? Sebaiknya ini juga dilakukan. Sebab penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa virus corona bisa hidup selama tiga hari di rambut.

Direktur dari Yale Institute for Global Health, Saad Omer, menyetujui dan menjelaskan bagaimana hal tersebut terjadi. “Karena virus corona yang menempel pada rambut mungkin terjadi melalui percikan mukosa,” katanya, seperti dilansir dari situs Today.

Sebagai bentuk antisipasi, dermatolog dari Sekolah Kedokteran dan Ilmu Kesehatan George Washington, Adam Friedman, mengimbau agar kegiatan kebersihan ini dilakukan setiap hari. Ini disebabkan oleh perbedaan fungsi kulit kepala dalam memproduksi minyak dari masing-masing orang.

“Minyak berlebih pada rambut bisa meningkatkan kelembapan, sedangkan tempat demikian menjadi sasaran untuk mikroorganisme tinggal, sehingga mencuci rambut akan sangat baik jika dilakukan setiap hari untuk pecegahan,” ungkapnya, seperti dilansir dari Refinery29.

Adapun mencuci rambut tidak sekadar menggunakan air saja namun juga dengan sampo. Friedman mengatakan, sampo berfungsi untuk mengubah molekul kecil dan menghilangkan kotoran, bakteri, dan virus.

“Sampo dapat menghilangkan bakteri pada kepala sekaligus membunuhnya. Ini bisa menjaga kesehatan rambut sekaligus menghindarkan risiko tertular COVID-19,” ujarnya.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Health 1440253328996155154

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item