Sejarah Lahirnya Word Processing dan Revolusi Komputer di Dunia

Sejarah Lahirnya Word Processing dan Revolusi Komputer di Dunia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Istilah Word Processing diperkenalkan oleh IBM pada akhir 1960-an, dimana istilah ini dedefinisikan oleh IBM sebagai "the combination of people, procedures, and equipment which transforms ideas into printed communications," (kombinasi antara orang, prosedur, dan peralatan, yang mengubah ide-ide menjadi komunikasi tercetak), dan awalnya digunakan juga untuk menyebut mesin ketik elektrik buatan IBM, Selectric.

Pada awal 70-an, istilah ini mulai secara umum dimengerti sebagai mesin ketik semi otomatis, yang memiliki setidaknya fungsi edit dan koreksi, dan mampu menghasilkan salinan "original" yang sempurna. Dan dari itu pula, produk Xerox pada 1974 disebut oleh koran the Times sebagai "Mesin ketik elektronik yang lebih cepat".

Namun, pada penjelasan produknya ia disebut sebagai "Sebuah word prosessor, bukan hanya sebuah mesin ketik, dimana dapat menyimpan salinan di pita magnetik atau kartu magnetik untuk dapat diketik ulang, dikoreksi, dan dicetak kembali".

Terobosan besar terjadi pada 1976 dengan diperkenalkannya sistem dengan monitor CRT oleh Wang Laboratories. Mesin ini menampilkan text pada layar CRT, dan memiliki karakterisktik-karaktersitik penting dari aplikasi-aplikasi word processor yang kita kenal saat ini.

Mesin buatan Wang bukan mesin pertama berbasis CRT, dan inovasi-inovasi saat itu juga bukan hanya dari Wang. Pada awal 1970-an, Linolex, Lexitron dan Vydec memperkenalkan sistem word processing dengan kemampuan mengedit lewat tampilan CRT.

Sebuah perusahaan elektronik Kanada, Applied Electronic Systems, memperkenalkan produk dengan kemiripan dengan produk Wang pada tahun 1974, tetapi mengalami kebangkrutan setahun kemudian.

Pada tahun 1976, dibiayai oleh Canada Development Corporation, perusahaan tersebut kembali beroperasi sebagai AES Data, dan kembali berhasil memasarkan produk word processing-nya ke seluruh dunia sampai pada pertengahan 1980-an. Meskipun begitu, produk Wang yang paling menonjol, dan tahun 1978 mereka telah menjual produknya lebih banyak dibandingkan vendor lainnya.

Ungkapan "word processor" dengan cepat mengacu pada mesin berbasis CRT yang mirip produk Wang. Banyak mesin semacam ini muncul, biasanya dipasarkan oleh perusahaan peralatan kantor seperti IBM, Lanier (yang memasarkan ulang prdouk AES), CPT, dan NBI.

Semuanya merupakan mesin khusus, dijual dengan harga mencapai $ 10.000. Komputer PC yang kita kenal saat ini masih sekadar digunakan oleh penghobi pada saat itu.

Beberapa mesin CRT generasi awal menggunakan pita magnetik untuk penyimpanan, sampai saat tersedianya disket floppy untuk tujuan ini. Awalnya floppy 8-inch, kemudian 5-1/4-inch. Untuk mencetak dokumen, awalnya menggunakan mesin ketik IBM Selectric yang dimodifikasi untuk input karakter ASCII. Mesin ini kemudian digantikan oleh printer daisy wheel. Untuk mencetak cepat, printer dot-matrix dapat menjadi alternatif pilihan di beberapa word processor.

Dengan munculnya komputer pribadi, dan khususnya IBM PC dan PC compatible, word processor berbasis software yang berjalan pada PC mulai menggantikan mesin word processor yang bersifat khusus dan dedicated, dan ungkapan "word processor" mulai merujuk pada software, bukan lagi hardware.

Software word processor generasi awal memerlukan pengguna untuk menghafal kombinasi-kombinasi tombol keyboard, dan faktanya hampir semua software word processor generasi awal tidak memiliki tombol kursor (Wordstar menggunakan E-S-D-X untuk bernavigasi).

Perbedaan harga pada mesin word processor khusus dengan PC, dan nilai tambah dari software seperti VisiCalc, sangat menarik, sehingga PC dan software word processor menjadi kompetitor serius bagi mesin word processor dedicated.

Akhir 1980-an, kedatangan printer laser memberikan pendekatan baru pada word processing (WYSIWYG - What You See Is What You Get) menggunakan display bitmap dan banyak font (yang dipelopori oleh komputer Xerox Alto, dan aplikasi word processor Bravo), dan dengan antarmuka Grafis.

Hal ini kemudian dipopulerkan oleh MacWrite di komputer Apple Macintosh pada 1983, dan Microsoft Word pada PC IBM pada 1984. Aplikasi-aplikasi ini mungkin yang pertama memperkenalkan word processor dengan kemampuan WYSIWYG yang sesungguhnya, sehingga dikenal oleh banyak orang. Word processor dedicated pada akhirnya menjadi benda museum.

Di masa sekarang, selain hanya untuk menyimpan dokumen dan diedit kembali, aplikasi word processor modern menawarkan fitur-fitur yang sekarang umum antara lain:

    * Pengecekan pengejaan dan gramatikal
    * Thesaurus
    * Penghitungan kata
    * Fungsi search & replace

Word processor telah berkembang menjadi lebih canggih, dari sebuah aplikasi untuk membuat sebuah dokumen sederhana menjadi dunia Desktop Publishing, dan terintegrasi dengan pemrosesan informasi perkantoran.

Semua word processor modern memiliki banyak opsi untuk memformat text, mulai dari memilih tipe font, ukuran, ataupun perataan paragraf. Aplikasi word processor terkemuka (seperti Microsoft Word) juga mengintegrasikan kemampuan seperti misalnya:

    * Kemampuan untuk menampilkan tabel spreadsheet dengan formula untuk perhitungan otomatis
    * Kemampuan untuk membuat alamat surat yang berbeda-beda sesuai daftar penerima, untuk mengirim surat secara masal, hal ini dikenal sebagai mail merge
    * Tools untuk menempatkan gambar, warna dan grafik untuk membuat dokumen yang multi format
    * Fasilitas untuk menyimpan format teks yang sering dipakai, dan menggunakannya kembali
    * Kemampuan untuk membuat indeks dan daftar isi secara otomatis
    * Kemampuan untuk menyimpan sebuah set dari penekanan tombol, dan prosedur untuk melakukan pekerjaan yang sering dilakukan berulang-ulang, sering disebut sebagai macro

Sejak 1990-an, kebanyakan word processor memasukkan kemampuan untuk menggunakan e-mail dan internet. Misalnya, jika dalam sebuah dokumen terdapat alamat website, maka jika pengguna memilihnya, komputer akan secara otomatis membukanya di browser. Beberapa aplikasi bahkan memiliki kemampuan untuk membuat halamam web sederhana.

Related

Technology 6942160322754448303

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item