Tips Cegah Penularan Corona Saat Menaiki Transportasi Umum

Tips Cegah Penularan Corona Saat Menaiki Transportasi Umum, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Transportasi umum rentan terhadap penularan infeksi virus corona. Beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di transportasi umum.

Sejumlah transportasi umum kembali ramai, seiring dibukanya perkantoran dalam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi DKI Jakarta. Kondisi ramai penumpang menjadi celah kemungkinan penularan virus corona.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari virus corona saat menggunakan transportasi umum.

Berikut tips mencegah Covid-19 di angkutan umum, mengutip buku panduan Serba Covid-19 yang dirilis Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Gunakan masker dan bawa hand sanitizer

Sejak awal Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi, masker dan mencuci tangan selalu disebut sebagai cara ampuh penularan virus. Untuk itu, gunakan masker setiap beraktivitas di luar rumah, termasuk saat menggunakan transportasi umum. Orang sehat direkomendasikan untuk cukup mengenakan masker kain.

Jangan lupa pula untuk selalu membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 70 persen, sebagai pengganti sabun antiseptik dan air mengalir untuk mencuci tangan.

Hindari menyentuh pintu atau pegangan, atau gunakan sarung tangan

Virus corona juga diketahui bisa menular melalui droplet yang tertinggal di permukaan benda-benda mati. Hindari menyentuh pintu atau pegangan dengan telapak tangan.

Sebagai langkah aman, Anda bisa menggunakan sarung tangan saat bepergian dengan transportasi umum.

Jaga jarak antar-penumpang

Anda harus tetap menjaga jarak dengan penumpang lain selama berada di dalam transportasi umum. Jaga jarak setidaknya minimal 1 meter.

Jangan berbagi makanan dan minuman

Tak ada salahnya memang untuk berbagi makanan ke sesama penumpang. Namun, di tengah pandemi ini, Anda disarankan untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Jangan berbagi makanan dan minuman dari wadah yang sama.

Beristirahat

Alih-alih sibuk dengan gawai, gunakan waktu perjalanan Anda untuk beristirahat. Tubuh tentu membutuhkan istirahat di tengah padatnya aktivitas.

Konsumsi makanan bergizi dan air mineral

Seiring dimulainya kembali berbagai aktivitas, Anda perlu menjaga tubuh tetap sehat. Pertahankan daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi dan penuhi kebutuhan air mineral harian sebelum naik transportasi umum. Orang dewasa disarankan untuk minum 8 gelas air mineral per hari.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Tips 4191981604326194523

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item