Akibat Gaya Hidup Tak Sehat, Anak-anak Muda Kini Terancam Penyakit Berat

Akibat Gaya Hidup Tak Sehat, Anak-anak Muda Kini Terancam Penyakit Berat, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Deretan penyakit tidak menular seperti jantung dan kanker menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Tak hanya orang lanjut usia, kini penyakit tidak menular (PTM) pun mengancam usia muda.

Direktur Pencegahan PTM Kementerian Kesehatan, Cut Putri Ariane mengatakan bahwa tren PTM terus meningkat hingga saat ini. Jantung koroner menjadi penyebab kematian tertinggi, diikuti kanker, diabetes melitus dengan komplikasi, hingga penyakit paru obstruktif kronis.

Penelitian yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) menunjukkan bahwa tren PTM yang dulu lebih banyak dialami kelompok usia lanjut, kini mulai mengancam usia produktif.

"PTM sangat memprihatinkan. Karena dulu anggapannya, kan, [terjadi] pada orang tua. Tapi sekarang trennya mulai naik pada usia 10-14 tahun," ujar Cut, Sabtu (4/7), melansir situs Kemenkes.

Tingginya prevalensi PTM di Indonesia, sebut Cut, disebabkan oleh faktor gaya hidup tidak sehat. Riskesdas 2018 menemukan, 95,5 persen masyarakat Indonesia kurang mengonsumsi sayur dan buah.

Sebanyak 35,5 persen masyarakat juga kurang beraktivitas fisik. Ditambah lagi sebanyak 29,3 persen masyarakat usia produktif merupakan kelompok perokok aktif yang berkontribusi dalam memicu penyakit tidak menular.

"Perilaku kita sekarang ternyata semakin tidak baik. Mungkin momentum ini yang mengingatkan kita semua bahwa ketika imunitas tubuh kita turun, orang semakin banyak yang peduli untuk mengubah gaya hidup," kata Cut.

Cut mengingatkan agar perubahan gaya hidup harus dilakukan sedini mungkin sebagai investasi kesehatan masa depan. Masyarakat diharapkan memiliki kesadaran akan kesehatan tubuhnya sendiri agar dapat diobati tanpa terlambat.

"Jangan lupa deteksi dini. Tak memiliki keluhan belum tentu sehat. Lakukan screening minimal 6-12 bulan sekali," ujar Cut.

Related

Health 2783349103108996025

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item