Di Antara Youtube, Netflix, dan TikTok, Mana yang Paling Laris di Masa Pandemi?

Di Antara Youtube, Netflix, dan TikTok, Mana yang Paling Laris di Masa Pandemi? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pandemi virus corona telah memberi berkah terselubung bagi sejumlah aplikasi populer seperti Youtube, Netflix, atau Tiktok. Pemberlakukan lockdown atau pembatasan sosial, membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Untuk mengisi waktu di rumah itulah, pemakaian dan transaksi sejumlah aplikasi mengalami lonjakan. Peningkatan drastis baik jumlah pengguna maupun transaksi, misalnya terjadi di bulan Juni 2020.

Mengutip data Sensor Tower, platform analisis aplikasi TikTok menjadi aplikasi non-game dengan pendapatan tertinggi. Data tersebut mengacu pada rata-rata pendapatan di AppStore dan GooglePlay. 

Per Juni 2020 TikTok mencetak pendapatan USD 90,7 juta atau setara Rp 1,3 triliun (Kurs Rp 14.400). Penghasilan TikTok itu meroket 8,3 kali lipat dibandingkan Juni 2019. Sekitar 89 persen dari pendapatan TikTok berasal dari Douyin di China. Lalu 6 persen dari AS. 

Sementara YouTube menjadi aplikasi non-game dengan penghasilan tertinggi kedua pada Juni 2020 lalu. Pendapatannya sebesar USD 73 juta. Meningkat 48 persen dibandingkan Juni tahun lalu.

Pendapatan YouToube lebih merata. Sekitar 56 persen dari AS. Lalu 12 persen pendapatan berasal dari Jepang. Di tengah masa pandemi virus corona, aplikasi pencari pasangan atau pun kencan online, juga menjadi lebih populer.

Data Sensor Tower juga mengungkapkan peningkatan pengguna dan nilai transaksi di aplikasi Tinder, hingga ada di posisi ketiga dari sisi penghasilan. 

Tinder masuk ketiga besar dalam pendapatan terbesar, bukan hal yang mengejutkan. Pada bulan Maret 2020, Sensor Tower juga mencatatkan Tinder menjadi salah satu aplikasi terlaris. Ini sekitar waktu yang sama, di mana sebagian besar negara masih menerapkan aturan lockdown. Lalu di tempat keempat dan kelima adalah Tencent. 

Pendapatan Tinder mengalahkan dua aplikasi streaming video populer sejagat: Netflix dan Disney+. Dua perusahaan video on demand populer itu masing-masing berada di posisi keenam dan ketujuh dari sisi pendapatan. 

Lalu tempat ke delapan, sembilan dan sepuluh dari sisi pendapatan masing-masing adalah BigoLive, LineManga dan Piccoma.

Related

News 8781537063384523600

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item