Di Tengah Pandemi Corona, Mencari Kerja Jauh Lebih Sulit Dibanding Sebelumnya

Di Tengah Pandemi Corona, Mencari Kerja Jauh Lebih Sulit Dibanding Sebelumnya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Berdasar analisis ekonomi, generasi muda diyakini menjadi korban paling terdampak pandemi corona. Virus corona menimbulkan resesi parah yang mempengaruhi masa depan generasi yang baru hendak lulus kuliah atau baru mulai bekerja.

Think tank Resolution Foundation, sebuah lembaga di Inggris, memperkirakan andai tak ada intervensi pemerintah, sekitar 600.000 ribu orang di bawah umur 25 di negara AS tak akan bisa mendapat pekerjaan alias nganggur setelah lulus sekolah atau universitas.

Jadi kalau kamu lahir di antara 1983 hingga 1995, siap-siap saja kondisi agak berat menyambut kalian di pasar kerja.

Kondisi di Indonesia sama saja. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memperkirakan angka pengangguran bisa tembus hingga 10 juta bila tak ada program pembukaan lapangan kerja baru di tengah pandemi.

Data BPS juga mengindikasikan situasi serupa, dengan angka pengangguran di Tanah Air dua bulan terakhir akan memburuk dari angka 5 persen yang tercatat pada Februari 2020.

Karena banyak pula pekerja yang dirumahkan, artinya kesempatan fresh graduate di Indonesia dapat pekerjaan menyempit, mengingat mereka harus bersaing dengan pekerja senior yang kehilangan penghasilan selama wabah Covid-19.

Related

News 734269303837474327

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item