Google Indonesia Buka Suara soal Pembayaran Konten Media

Google Indonesia Buka Suara soal Pembayaran Konten Media,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Google Indonesia hingga saat ini masih berdiskusi dengan sejumlah penerbit terkait pembayaran konten berita. Hal ini disampaikan Head of Corporate Communication Google Indonesia, Jason Tedjasukmana, menanggapi kesiapan perusahaan mesin pencari tersebut yang mungkin melakukan pembayaran terhadap konten berita di beberapa negara.

"Kami sedang berdiskusi dengan lebih banyak penerbit di enam negara lain," ujarnya.

Menurut Jason, Google Indonesia ingin melihat reaksi dan manfaat dari penerapan produk tersebut.

"Kami ingin melihat dulu reaksi atas produk ini sambil menguji asumsi kami tentang manfaatnya bagi pengguna dan penerbit sebelum melangkah lebih jauh," jelas dia.

Diakui Jason, hingga kini Google Indonesia masih menunggu hasil pembahasan lebih lanjut.

"Saat ini, belum ada hasil yang bisa kami umumkan lebih lanjut," tutupnya.

Sebelumnya, Google akan mulai membayar untuk menampilkan konten berita dari beberapa outlet media, setelah bertahun-tahun menolak permintaan dari penerbit.

Perusahaan mengumumkan beberapa kesepakatan lisensi baru dengan penerbit di Jerman, Australia dan Brasil, sebagai bagian dari "pengalaman berita baru" yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

Google sedang berbicara dengan penerbit di beberapa negara lain dan berharap menambah daftar dalam beberapa bulan mendatang. Penerbit dengan penawaran pertama termasuk perusahaan Australia Schwartz Media, The Conversation dan Solstice Media; Diarios Associados dan A Gazeta Brasil; dan Der Spiegel Jerman, Frankfurter Allgemeine Zeitung, Die Zeit dan Rheinische Post.

Brad Bender, Google VP Product Management juga mengatakan, Google akan segera mulai membayar penerbit untuk memungkinkan pembaca akses gratis ke artikel tertentu yang biasanya terkunci di balik paywall.

Related

News 6857234986737662537

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item