Ingin Jaga Sistem Kekebalan Tubuh? Menurut Dokter, Kuncinya Ada di Pencernaan

Ingin Jaga Sistem Kekebalan Tubuh? Menurut Dokter, Kuncinya Ada di Pencernaan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Selama pandemi Covid-19, tentu penting bagi kita untuk selalu menjaga sistem kekebalan tubuh. Sebab dengan sistem imun yang baik, ini pun bisa membantu melawan segala bentuk virus penyebab infeksi untuk masuk ke dalam tubuh.

Dalam memperkuat sistem imun, Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi Ariani Dewi Widodo mengatakan bahwa kuncinya ada pada kesehatan pencernaan. Mengapa? Karena sebagian besar sel imun dipengaruhi oleh saluran cerna.

“Sebanyak 70-80 persen perkembangan sel imun itu dipengaruhi oleh keseimbangan mikrobiota saluran cerna. Jadi semakin sehat saluran pencernaannya, maka daya tahan tubuh pun akan semakin baik,” katanya dalam webinar bersama Nutrifood.

Oleh karena itu, di tengah merebaknya virus corona Ariani mengingatkan pentingnya memperhatikan kesehatan saluran pencernaan. Hal tersebut pun bisa dilakukan lewat kombinasi makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik.

“Probiotik adalah mikroorganisme hidup atau bakteri baik yang secara natural ada di dalam usus. Beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik adalah kimchi dan tempe. Sedangkan prebiotik adalah senyawa natural yang bisa menstimulasikan perkembangan probiotik. Contohnya apel, pisang, jeruk, bawang putih,” katanya.

Selain probiotik dan prebiotik, Ariani mengatakan bahwa konsumsi mikronutrien juga bisa membantu memelihara sistem imun di dalam usus. Salah satu bentuk mikronutrien adalah vitamin. Adapun menurutnya, yang terbaik adalah jenis vitamin A, C, D, dan E.

Vitamin A bisa menjaga keutuhan dan fungsi mukosa. Vitamin C bisa bertindak sebagai lapisan pelindung untuk mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh, sebagai antioksidan serta merangsang pematangan sel imun.

"Vitamin D bisa membantu mengaktifkan dan mengatur sistem sel imun dan vitamin E dapat melindungi membran sel dan radikal bebas,” kata Ariani.

Seluruh vitamin itu pun bisa didapat dari rajin mengkonsumsi buah dan sayuran. Jika merasa asupan keduanya kurang, maka bisa juga diganti dengan tambahan suplemen kesehatan. “Dengan menjaga sistem imun di dalam usus, kita pun bisa mengurangi risiko terpapar infeksi,” katanya.

Related

Health 773225640390372309

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item