Ini 6 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Gigi, Gusi, dan Mulut Anda

Ini 6 Nutrisi Penting untuk Menjaga Kesehatan Gigi, Gusi, dan Mulut Anda, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sakit gigi memang menyiksa karena bisa bikin kepala nyut-nyutan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Selain minum obat pereda nyeri, cara mengobati sakit gigi lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi.

Faktanya, ada beragam nutrisi penting yang harus dipenuhi untuk menjaga kesehatan gigi Anda. Bahkan, tidak hanya gigi, asupan nutrisi yang baik juga mempengaruhi kesehatan Anda secara menyeluruh.

Nutrisi untuk kesehatan gigi 

Banyak orang mengira kalau minum obat pereda nyeri adalah satu-satunya cara mengobati sakit gigi. Padahal, memperhatikan nutrisi yang Anda makan juga merupakan salah satu kunci menjaga kesehatan mulut yang baik.

Berikut beberapa nutrisi penting yang perlu Anda penuhi, untuk mengobati sakit gigi sekaligus menjaga kesehatan mulut yang optimal.

Fluoride

Cara mengobati sakit gigi yang pertama, pastikan Anda mendapatkan asupan fluoride yang cukup. Pasalnya, tubuh Anda membutuhkan fluoride untuk membantu menjaga kekuatan tulang dan gigi.

Pada gigi, fluoride berperan penting mencegah karies gigi dan gigi berlubang. Selain di pasta gigi, mineral ini bisa juga Anda temukan dari makanan dan minuman yang Anda makan sehari-hari.

Air minum yang ber-fluoride atau produk apa pun yang dibuat dengan air ber-fluoride bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Anda juga bisa mendapatkan asupan fluoride dari beragam jenis makanan laut, kismis, kacang polong, dan jus anggur/jeruk/grapefruit, bayam, timun, kentang, tomat, wortel, dan asparagus.

Serat

Menurut American Dental Association (ADA), mengonsumsi makanan kaya serat dapat membantu menjaga kebersihan gigi dan gusi Anda dengan cara merangsang produksi air liur di dalam mulut.

Sekitar 20 menit setelah Anda selesai makan, air liur akan mulai bekerja untuk membersihkan bakteri dan partikel makanan yang merusak gigi Anda.

Beberapa sumber makanan tinggi serat yang baik dikonsumsi untuk kesehatan gigi di antaranya apel, pir, alpukat, kelompok buah beri (stroberi atau rasberi), pisang, wortel, dan sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan daun kale.

Kalsium

Kalsium adalah salah satu mineral penting untuk kesehatan, karena dapat membantu memperkuat tulang dan enamel gigi Anda. Keju, susu rendah lemak, yogurt tawar (plain), dan produk susu lainnya, merupakan sumber kalsium yang baik untuk tubuh.

Jika Anda tidak bisa mengonsumsi produk susu, Anda bisa mendapatkan asupan kalsium dari bayam, brokoli, edamame, kacang almond, dan tahu.

Vitamin D

Supaya kalsium dapat diserap dengan baik oleh tubuh, Anda juga memerlukan asupan vitamin D. Sumber vitamin D terbaik berasal dari matahari. Ya, dengan berjemur setidaknya 10-15 di bawah paparan sinar matahari pada pagi hari, Anda sebenarnya sudah memenuhi sebagian kebutuhan vitamin D harian Anda.

Selain dari matahari, vitamin D juga bisa didapatkan dari salmon, tuna, minyak ikan cod, kuning telur, susu, dan masih banyak lainnya.

Vitamin A

Anda mungkin tidak mengira kalau vitamin A masuk dalam serangkaian cara mengobati sakit gigi. Ya, selain membantu meningkatkan kesehatan mata, vitamin ini ternyata juga baik untuk mencegah kerusakan gigi.

Vitamin A membantu menjaga selaput lendir yang melapisi gusi dan pipi, sehingga melindungi Anda dari risiko berbagai penyakit gigi dan mulut. Vitamin ini berlimpah pada buah dan sayur yang berwarna oranye, seperti wortel, paprika, dan ubi jalar.

Vitamin C

Cara mengobati sakit gigi lainnya adalah memastikan asupan vitamin C Anda terpenuhi dengan baik. Vitamin C membantu memperkuat jaringan ikat gusi.

Jika gusi Anda memiliki jaringan yang lemah, maka gusi Anda akan lebih mudah goyah, berdarah, dan rentan terhadap berbagai penyakit gusi lainnya. Itu sebabnya, makanlah banyak buah jeruk, tomat, paprika, brokoli, kentang, dan bayam, untuk mendapatkan asupan vitamin C yang berlimpah.

Memastikan nutrisi-nutrisi di atas terpenuhi sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi Anda setiap hari. Untuk hasil terbaik dalam kesehatan gigi Anda, sikat gigi secara rajin setiap hari, minimal dua kali sehari.

Gunakan pasta gigi yang akan membantu Anda menjaga gigi Anda setiap hari dengan perlindungan terhadap lubang, siang dan malam hari.

Related

Tips 5103940795358896433

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item