Mengenal 5 Jenis Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi Pada Paru-paru

Mengenal 5 Jenis Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi Pada Paru-paru, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Komedian Polo Srimulat dikabarkan sedang dirawat di rumah sakit Awal Bros, Kalimalang, Bekasi. Dari foto yang beredar di media sosial, pria 53 tahun tersebut tengah berbaring di ruang ICU (Intensive Care Unit) dengan didukung alat pernapasan.

Menurut rekannya, Tarzan Srimulat, sang sahabat bernama asli Christian Barata Nugraha itu diduga mengidap masalah paru-paru.

"Iya betul sakit (di ICU), paru-paru katanya ya (sakitnya). Masih katanya," kata Tarzan saat dihubungi media. Sayangnya tidak diketahui jenis penyakit paru-paru apa yang diidap Polo Srimulat.

Sebagai organ yang memiliki peran penting, kesehatan paru-paru tentu sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup setiap orang. Melansir Alodokter, ada berbagai macam penyakit yang menyerang paru, antara lain:

Tuberkulosis

Tuberkulosis atau TBC merupakan penyakit paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Tidak hanya menyerang paru-paru, bakteri ini dapat menyebar ke bagian tubuh lain, seperti kelenjar getah bening, sistem saraf pusat, tulang, hingga ginjal.

Asma

Ini adalah penyakit kronis yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan, sehingga menyebabkan sesak napas.

Bronkitis

Bronkitis merupakan peradangan yang terjadi pada percabangan saluran udara yang menuju bronkus. Seringnya infeksi ini disebabkan oleh virus.

Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi yang menyebabkan kantung-kantung udara di dalam paru meradang dan membengkak. Kondisi ini biasa disebut dengan paru-paru basah karena paru-paru dipenuhi cairan atau nanah.

Penyakit paru obstruktif kronis

Penyakit paru-paru obstruktif kronis atau PPOK adalah peradangan paru kronis yang menyebabkan terjadinya gangguan aliran udara, baik menuju dan dari paru-paru. PPOK terbagi menjadi dua jenis, yaitu bronkitis kronis dan emfisema.

Related

Health 4038597302798703127

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item