Studi: Masker yang Efektif Cegah Penularan Corona Harus Memiliki 3 Lapisan

Studi: Masker yang Efektif Cegah Penularan Corona Harus Memiliki 3 Lapisan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Masker jadi salah satu perkakas penting di tengah pandemi. Masyarakat bahkan diperbolehkan menggunakan masker kain buatan sendiri. Studi terbaru menemukan jumlah lapisan masker yang tepat untuk mencegah penularan Covid-19.

Studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Thorax menemukan bahwa untuk mencegah penularan, masyarakat harus mengenakan masker minimal dua hingga tiga lapis.

Sebagaimana diketahui, minimnya alat pelindung diri (APD) pribadi seperti masker medis membuat masyarakat harus menggunakan masker kain. Beberapa studi telah menyarankan sejumlah jenis bahan yang dirasa tepat.

Melansir CNN, tim peneliti dari Australia membandingkan efektivitas masker kain berbahan katun satu lapis, dua lapis, dan tiga lapis.

Para peneliti menggunakan sistem pencahayaan LED khusus dan kamera berkecepatan tinggi untuk merekam penyebaran droplet yang dihasilkan oleh seseorang saat berbicara, batuk, dan bersin sambil mengenakan masker.

Rekaman video menunjukkan bahwa masker tiga lapis paling efektif dalam menekan penyebaran droplet. Masker kain dua lapis juga ditemukan efektif untuk mencegah penularan.

Kendati demikian, hasil ini tak bisa dijadikan satu-satunya patokan. Peneliti menyebut bahwa beberapa faktor lain turut berkontribusi pada efektivitas masker kain. Beberapa faktor di antaranya jenis bahan, ukuran, serta frekuensi mencuci.

Namun demikian, melalui hasil studi ini, peneliti menyimpulkan bahwa lebih baik jika masyarakat disarankan untuk menggunakan masker dua lapis.

Peneliti juga menyarankan tentang perlunya pedoman untuk membuat masker kain untuk mencegah penularan corona, termasuk jumlah lapisan kain.

Related

Science 8289075915740364619

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item