Tips Aman dan Sehat Bersepeda di Tengah Pandemi: Selalu Ingat Jaga Jarak

Tips Aman dan Sehat Bersepeda di Tengah Pandemi: Ingat Selalu Jaga Jarak, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Di masa pandemi Covid-19, masyarakat harus menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat dan rajin berolahraga. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga dengan bersepeda, yang saat ini tengah digemari masyarakat.

Namun, perlu diperhatikan jarak aman bersepeda, terutama di masa pandemi ini. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun telah mengeluarkan protokol kesehatan saat beraktivitas di fasilitas umum. Di antaranya mencakup panduan menjaga jarak saat berolahraga, termasuk jarak aman bersepeda.

Ketua Komunitas Bike To Work (B2W) Indonesia Poetoet Soedarjanto mengatakan jarak aman bersepeda yang dianjurkan oleh Kemenkes yakni kurang lebih 20 meter dengan orang di depannya.

"Bersepeda jauh lebih aman dibanding dengan angkutan umum," kata Poetoet.

Meski demikian, Poetoet juga menyarankan selalu memperhatikan protokol kesehatan dalam bersepeda di era new normal. Dia mengatakan utamakan bersepeda sendiri, kalaupun berkelompok, atur rombongan kecil 2-5 pesepeda. Pilih jalur yang menghindari keramaian dan daerah zona merah Covid-19.

Jangan lupa untuk menjaga jarak aman bersepeda dan kendaraan lain minimal dua meter. Selain itu jarak aman bersepeda dengan depan dan belakang minimal empat meter. Sementara semakin tinggi kecepatan bersepeda, jarak harus semakin jauh (di atas 20 meter).

Poetoet mengatakan, penting untuk menjaga jarak aman bersepeda dan tetap waspada terhadap pengendara kendaraan lain.

"Perhatikan protokol kesehatan dalam bersepeda, mulai jumlah orangnya maksimumnya berapa, jarak antar sepedanya juga diperhatikan, kecepatannya juga," kata Poetoet.

Related

Tips 6996281680102960753

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item