Virus Corona Kembali Bermutasi, Ahli: Sekarang Jadi Lebih Cepat Menyebar

Virus Corona Kembali Bermutasi, Ahli: Sekarang Jadi Lebih Cepat Menyebar, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Mutasi virus corona baru telah menjadi jenis virus yang paling dominan. Kondisi ini menyebabkan wabah menyebar lebih cepat di seluruh dunia, kata seorang pakar.

Profesor Nick Loman, dari University of Birmingham, yang merupakan bagian dari Konsorsium Genomics Covid-19, mengatakan bahwa mutasi tersebut, yang dikenal sebagai D614G, membentuk kelompok lebih cepat di Inggris daripada virus asli dari Wuhan.

"Itu ada dalam protein lonjakan, yang merupakan cara yang sangat penting bahwa coronavirus dapat memasuki sel manusia, dan kami telah memperhatikan di Inggris dan di seluruh dunia bahwa mutasi ini telah meningkat dalam frekuensi," kata Loman, seperti dilansir dari New York Post.

Loman menjelaskan, bahwa mutasi ini diprediksi pertama oleh pemodelan komputer untuk memiliki dampak pada struktur protein itu dan kemampuan virus untuk mengikat dan memasuki sel dan kemudian baru-baru ini ditunjukkan dalam percobaan laboratorium untuk meningkatkan infektivitas sel.

Para ilmuwan sampai pada kesimpulan setelah menganalisis lebih dari 40.000 genom di Inggris, menurut Loman. Namun, mutasi baru itu tidak diyakini menyebabkan risiko kematian yang lebih besar atau tinggal di rumah sakit yang lebih lama.

Loman menyebut mutasi itu "mutasi yang paling dominan - sekitar 75 persen kasusnya."

"Peningkatan mutasi ini adalah fenomena di seluruh dunia. Virus asli dari Wuhan memiliki tipe-D, tetapi tipe-G telah menjadi jauh lebih dominan di seluruh dunia, termasuk Inggris."

Namun, strain tersebut diperkirakan tidak berdampak pada proses menemukan vaksin untuk Covid- 19. Dia juga berusaha untuk meredakan kekhawatiran bahwa mutasi tersebut mungkin menandakan fase baru yang mematikan bagi virus corona.

“Kami pikir dampaknya kecil, dan kami tidak sepenuhnya yakin tentang hal itu, tetapi kami menemukan dengan menguji apa yang terjadi di Inggris bahwa virus yang mengandung mutasi tipe-G tampaknya membentuk kelompok kasus dengan lebih cepat, yang berakhir menjadi lebih besar dari virus dengan mutasi-D, ”kata profesor itu.

“Kami tidak melihat adanya hubungan yang signifikan dengan kelangsungan hidup dan lama rawat di rumah sakit dengan mutasi ini - kami tidak berpikir mutasi ini penting dalam mengubah virulensi. Efeknya tampaknya pada penularan.”

Related

Science 7986324034088508677

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item