Warga Kampung di Makassar Tutup Pintu Masuk, Kompak Tolak Rapid Test

Warga Kampung di Makassar Tutup Pintu Masuk, Kompak Tolak Rapid Test,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Warga di kampung Deppasawi, Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar kompak menolak kedatangan tim Gugus Tugas Covid-19 Pemkot Makassar, untuk melakukan rapid test.

Akibat dari penolakan ini, warga menutup pintu masuk ke dalam kompleks kampung Deppasawi, sejumlah warga pun menutup jalan dengan menggunakan kayu balok dan bambu. Hal tersebut mencegah masuknya tim gugus tugas covid 19 masuk.

Salahsatu warga yakni Daeng Kaya mengaku jika hal ini dilakukan dengan alasan menolak rapid test massal karena warga khawatir ada yang ditemukan sakit biasa, lalu dinyatakan positif.

“Takut Ki warga disini, Pak. Biar sakit biasa atau batuk, nanti disangka terpapar covid,” ujar Daeng Kaya.

Sementara itu warga lainnya, Daeng Tambung menyebut sejuah ini tidak ada juga penjelasan dari kelurahan atau RT dan RW mau dilaksanakan rapid test. “Kita tidak mau diperiksa pak. Intinya kami disini menolak, Pak,” kata Daeng Tambung.

Pemkot Makassar telah mengagendakan pelaksanaan massal di beberapa Kecamatan yang dianggap zona merah, sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Pemerintah sudah melakukan rapid test diantaranya di Kecamatan Tamalate, Sangkarrang, Panakkukang, Manggala, Rappocini, dan Biringkanaya.

Terpisah dengan Pj Wali Kota Makassar, Prof Yusran yang hari ini juga, Selasa (9/6), mengumpulkan para Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se- Makassar, di Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Makassar.

Ia berharap agar permasalahan warga yang menolak rapid test bisa dipahami dan peran penting RT dan RW juga sangat penting.

Prof Yusran menambahkan LPM sebagai pihak yang ditokohkan bisa meredam kondisi ini, dengan memberikan sosialisasi dan pemahaman terkait pentingnya warga melakukan rapid test.

“Mari kita berikan pemahaman kepada warga, bahwa jika kita ingin melakukan deteksi virus lebih cepat, maka kita harus lakukan rapid test. Kerjasama penting antara RT/RW, Lurah dan camat serta LPM,” katanya.

Related

News 4950071030472774873

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item