Biasa Naik Terus, Kini Harga Rumah Tidak Bisa Naik Gara-gara Terdampak Corona

Biasa Naik Terus, Kini Harga Rumah Tidak Bisa Naik Gara-gara Terdampak Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Di tengah pandemi covid-19, harga properti khususnya rumah hunian baru memang masih naik, tapi kenaikannya makin lesu dari triwulan ke triwulan.

Bank Indonesia (BI) mencatat indeks harga properti residensial (IHPR) pada triwulan II-2020 hanya tumbuh 1,59% (yoy). Padahal pada triwulan I-2020 masih mampu tumbuh 1,68% (yoy). Namun, capaian ini pun sudah melambat dibandingkan kuartal sebelumnya (triwulan IV-2019) yang mampu tumbuh 1,77% (yoy).

Bila dibandingkan dengan triwulan I-2019 kenaikan harga rumah yoy sempat mencapai 2,06%. Bahkan kondisi kenaikan harga lebih tinggi lagi pada triwulan I-2018 yang sempat naik 3,69% yoy.

Pada saat akhir booming properti kenaikan harga rumah pada triwulan I-2014 sempat masih menembus hampir 8% yoy. Puncak kenaikan harga rumah gila-gilaan selama satu dekade terakhir terjadi pada triwulan III-2013, sempat naik 13,51% yoy.

Perlambatan harga rumah pada triwulan II-2020 terutama terjadi pada rumah tipe kecil. IHPR untuk rumah tipe kecil pada kuartal kedua tumbuh 2,35% (yoy) melambat dari kuartal sebelumnya yang tumbuh di angka 2,8% (yoy).

Sementara untuk jenis rumah tipe sedang dan besar harganya masih mencatatkan kenaikan pertumbuhan. Mengacu pada hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) BI, IHPR untuk rumah tipe sedang dan besar pada periode April-Juni naik masing-masing 1,42% (yoy) dan 0,99% (yoy).

IHPR pada kuartal kedua untuk rumah tipe menengah dan besar pada triwulan kedua naik lebih tinggi dibanding tiga bulan pertama tahun ini yang tumbuh di angka 1,36% (yoy) untuk rumah menengah dan 0,86% (yoy) untuk rumah tipe besar.

Survei ini dilakukan terhadap pengembang proyek perumahan di 18 kota, Jabodetabek da Banten, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Manado, Makassar, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Bandar Lampung, Palembang, Padang, Medan, Batam, Balikpapan, Pekanbaru, dan Samarinda.

Related

Property 1908595336810186648

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item