Coco Chanel, Sosok Legenda Dunia Fashion yang Penuh Misteri

Coco Chanel, Sosok Legenda Dunia Fashion yang Penuh Misteri, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Jalan hidup Gabrielle Coco Chanel sepertinya menarik banyak orang, hingga mengangkatnya dalam film, ataupun biografi.

Hal Vaughan, penulis buku 'Sleeping with the Enemy: Coco Chanel's Secret War', mengatakan, "Aku mencari sesuatu yang lain, dan aku menemukan dokumen yang mengatakan 'Chanel adalah agen Nazi, nomornya bla, bla, bla dan nama samarannya adalah Westminster'.

“Aku melihatnya lagi dan, 'apa-apaan ini?' Aku tidak percaya dengan yang kulihat! Dan aku mulai berburu semua ddata, di Amerika, London, Berlin, dan Roma. Dan aku tidak hanya menemukan satu, tapi 20, 30, 40, benar-benar materi arsip yang padat tentang Chanel dan kekasihnya, Baron Hans Gunther von Dincklage, seorang mata-mata profesional Abwehr."

Vaughan juga menyebutkan bahwa dugaan Chanel anti-Semitisme memungkinkan dia untuk memanfaatkan undang-undang yang membuatnya bisa mengambil-alih properti Yahudi. Di sinilah dugaan Vaghan atas Chanel No. 5, parfum best-seller di seluruh dunia yang menurutnya milik bersaudara Wertheimer, sosok Yahudi yang membantu Chanel membuat Chanel No. 5.

Menanggapi tuduhan buku anti-Semitisme, pihak Chanel langsung mengeluarkan pernyataan. "Kita juga tahu bahwa dia dan Churchill adalah teman dekat untuk waktu yang lama. Dia rupanya mendekatinya sebagai perantara antara Sekutu dan Jerman bagi penyelesaian perdamaian yang dikenal sebagai Operasi Modelhut.

“Tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi atau apa perannya, ada beberapa versi yang berbeda dan tidak diragukan lagi akan tetap menjadi misteri."

Adapun dugaan hubungan Chanel dengan mata-mata Nazi, Baron Hans Gunther von Dincklage, Chanel menyatakan, "Kita tahu pasti bahwa ia memiliki hubungan dengan bangsawan Jerman selama perang, yang ia temui di Paris. Hubungan asmara ini sangat disayangkan, walaupun ibu Baron Von Dincklage adalah orang Inggris, dan hubungan mereka dimulai sebelum perang."

Ada 57 buku tentang Gabrielle Coco Chanel yang telah beredar luas. Yang tahu tentang kebenaran, latar belakang, dan kehidupannya tentu hanya Coco Chanel sendiri.

Kita berhak menilai, dan para penulis bebas menulis berbagai versi mengenai Coco Chanel. Hal ini tetap tidak bisa memungkiri bahwa Coco Chanel adalah legenda dunia fashion.

Related

History 3851860390212458391

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item