Ternyata Ini Penyebab Cicak Bisa Menempel Dinding Tanpa Terjatuh

Ternyata Ini Penyebab Cicak Bisa Menempel Dinding Tanpa Terjatuh, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Di rumah kita sering terlihat cicak menempel dinding atau bahkan langit-langit rumah, kadang berkejaran dengan cicak lain atau berlari mengejar serangga kecil, tanpa terjatuh. Bagaimana cicak bisa melakukan hal itu tanpa khawatir jatuh?

Cicak termasuk golongan reptil—hewan itu memiliki cakar, bertelur, berdarah dingin (suhu tubuhnya tergantung pada suhu lingkungan), dan bersisik, meski sisiknya sangat halus. Pada kaki-kaki cicak terdapat rambut-rambut sangat halus yang berbaris rapat. Rambut-rambut itu berukuran mikroskopis, hingga tak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Pada setiap ujung rambut-rambut halus itu terdapat lekukan yang terlihat seperti mangkuk pengisap yang juga berukuran sangat kecil. Ujung pengisap di kakinya itu berfungsi sebagai perekat.

Ketika cicak melangkah, ribuan rambut halus berpengisap di ujungnya itu menempel pada tempatnya berpijak dan menjadi penahan tubuh cicak, sehingga tidak akan goyah dalam posisi apa pun.

Hebatnya, ketika ada bahaya, cicak bisa sigap melarikan diri dengan cepat. Satu bagian rambut halus terangkat, lalu rambut halus lain menempel lekat-lekat, dan begitu seterusnya secara bergantian, dengan kecepatan tak terukur mata kita. Dengan kemampuan itu, cicak pun bisa berlarian di dinding atau atap rumah kita tanpa terjatuh.

Related

Science 3314074314078589775

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item