Dampak Wabah Covid-19: Limbah Medis Corona Cemari Sungai-sungai Besar Eropa

Dampak Wabah Covid-19: Limbah Medis Corona Cemari Sungai-sungai Besar Eropa, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sungai-sungai besar di Eropa dipenuhi limbah virus corona (Covid-19) seperti sarung tangan dan masker sekali pakai. Lembaga penelitian Tara Ocean Foundation kepada radio Prancis menyebut limbah corona itu menambah polusi plastik yang telah lebih dulu mencemari sungai-sungai besar di Eropa.

Ketua Kerja Sama Internasional Tara Ocean, Romy Hentinger mengungkapkan bahwa selama Juni, para peneliti terus menemukan sarung tangan dan masker di sepanjang tepi sungai dan pantai di seluruh Eropa.

Alat pelindung sekali pakai dibuat dari bahan polypropylene, sehingga mudah terberai di lautan. Dengan demikian, sulit untuk mengambil kembali bahan-bahan tersebut dari lautan.

"Ini mengkhawatirkan," kata Hentinger, dilansir dari AFP. "Kami hanya bisa berasumsi limbah serupa lainnya telah mencapai lautan."

Baru-baru ini Tara Foundation telah merampungkan penelitian terhadap sembilan sungai besar di Eropa, yakni Elbe, Rhine, Seine, Rhone, Garonne, Loire, Tiber, Thames dan Ebro, untuk mengukur konsentrasi mikroplastik.

Ekspedisi dilakukan dari Mei hingga November 2019. Hasilnya, 100 persen dari sampel air yang terkumpul menunjukkan bahwa sampah plastik telah hancur lebih dulu sebelum terbawa ke lautan.

"Kami masih menunggu hasil akhir penelitian dari para ilmuwan kami," kata Hentinger.

Sementara saat berada di lautan, partikel-partikel plastik itu tidak sepenuhnya hancur oleh garam dan sinar ultraviolet.

Saat ini tercatat sekitar delapan jura ton sampah plastik terbawa ke lautan setiap tahunnya.

Related

News 413136602411896219

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item