Erick Thohir Kesulitan Mencari Orang Baik untuk Pimpin BUMN

Erick Thohir Kesulitan Mencari Orang Baik untuk Pimpin BUMN, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin, bercerita soal kenapa Erick Thohir, ngotot untuk memangkas jumlah perusahaan pelat merah. Sebagaimana diketahui, jumlah BUMN saat ini lebih dari 100 perusahaan yang bahkan sampai memiliki banyak anak, cucu dan cicit.

Menurut Budi, salah satu alasan Erick Thohir itu adalah sulitnya mencari ratusan pemimpin yang bisa dipercaya sebagai petinggi BUMN.

"Definisi pimpinan yang baik itu yang memang tidak mudah, itu sebabnya kenapa Pak Erick ingin menyederhanakan jumlah BUMN. Karena nyari 10 orang baik aja susah, apalagi nyari 100 orang baik," ujar Budi Gunadi saat menjadi pembicara Lead The Fest.

Menurut Budi Gunadi Sadikin, besarnya jumlah aset yang dikelola BUMN membuat Erick Thohir berhati-hati dalam memilih jajaran komisaris dan direktur. Selain itu, baiknya kinerja perusahaan akan sangat bergantung pada pemimpin yang ditunjuk.

"Size keragaman BUMN Indonesia besar sekali potensinya. Pertanyaannya gimana kita memanfaatkan itu sangat bergantung pada orang-orangnya. Kalau kita mendapatkan pimpinan yang baik di jajaran direksi dan komisaris, pasti BUMN juga baik," pungkasnya.

Sejak menjabat orang nomor satu di BUMN, Erick memang kerap melakukan bongkar pasang jajaran petinggi BUMN. Ia dalam berbagai kesempatan, sering kali bicara soal akhlak sebagai salah satu syarat yang harus dimiliki pemimpin BUMN.

Jargon tersebut sebetulnya merupakan akronim dari Amanah, Kompetensi, Harmonis, Loyalitas, Adaptif, dan Kolaborasi. Namun, kata tersebut juga kerap dimaknai sebagaimana definisi sesungguhnya yang merujuk pada budi pekerti seseorang.

Related

News 7366674993773356031

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item