Harga Emas Tembus Rp 1 Juta, Ini Tips agar Bisa Raih Untung dari Emas

Harga Emas Tembus Rp 1 Juta, Ini Tips agar Bisa Raih Untung dari Emas, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sudah sejak dulu emas dikenal sebagai instrumen investasi yang menguntungkan. Namun di tengah harganya yang semakin tinggi apakah investasi itu masih menjadi pilihan?

VP Precious Metals Sales & Marketing Logam Mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), Iwan Dahlan mengatakan bahwa berinvestasi emas tergantung pada cara investasi emas yang diterapkan, serta kebutuhan, mindset dan kemampuan masyarakat agar nilai emas itu sendiri tidak hilang.

"Jadi saya sarankan punya tabungan yang tidak bergerak saya konversikan ke emas. Sehingga nanti pada saatnya dibutuhkan sangat terasa dampaknya," kata Iwan Dahlan dalam program Investime.

Dia menambahkan bahwa pada dasarnya harga emas akan selalu naik, sehingga setiap saat pun merupakan waktu yang tepat untuk membeli emas.

Menurut dia, emas fisik (emas batangan, emas perhiasan, koin dinar), saham emas, Gold ETF (exchange traded fund, reksa dana yang bisa diperdagangkan di bursa dengan underlying emas), SGBs (ETF WisdomTree Physical Swiss Gold), emas digital juga menjadi ragam instrumen yang bisa dijadikan pilihan para investor untuk menjadikan emas sebagai aset investasi.

Sementara itu, untuk emas batangan murni memang masih dianggap memiliki return atau tingkat pengembalian investasi yang cukup tinggi ketimbang instrumen investasi lainnya.

Namun demikian ada berbagai pertimbangan yang harus diperhatikan saat menjadikan emas sebagai portofolio investasi di tengah tren kenaikan harga emas saat pandemi Covid-19 saat ini.

Iwan mengingatkan untuk membeli emas di tempat yang diakui secara internasional, sumber yang legal dan kualitas yang jelas, sehingga pada saat emas itu dibutuhkan harga jualnya tidak merugikan alias jatuh.

"Jadi pastikan emas itu yang bagus dan berkualitas kadarnya yang pasti. Sehingga saat dibutuhkan tidak terlalu jatuh," papar dia.

Pada perdagangan kemarin, harga emas produksi Antam atau yang dikenal dengan emas Antam kembali naik.

Harga emas Antam dengan berat 1 gram hari ini dibanderol Rp 1.058.000/batang di situs resmi logammulia.com. Harga itu naik Rp 8.000 atau 0,76% dibandingkan harga pada Selasa yang juga naik Rp 20.000.

Sementara itu, harga emas dengan berat 100 gram yang biasa menjadi acuan dibanderol Rp 100.012.000/batang atau Rp 1.000.120/gram. Harga emas batangan 100 gram tersebut akhirnya kembali ke atas Rp 1 juta setelah sebelumnya tertahan di bawah level tersebut.

Related

Tips 979904112885177452

Recent

item