ICW Khawatir Influencer Jadi Jalan Pintas Muluskan Kebijakan Pemerintah

 ICW Khawatir Influencer Jadi Jalan Pintas Muluskan Kebijakan Pemerintah, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Tingginya keterlibatan influencer dalam setiap kebijakan pemerintah dinilai berdampak buruk. Khususnya memuluskan isu kontroversial di publik.

"Penggunaan influencer yang dikhawatirkan adalah dapat membawa pemerintah pada kebiasaan mengambil jalan pintas guna memuluskan sebuah kebijakan publik," kata peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Egi Primayogha dalam diskusi virtual bertajuk 'Rezim Humas: Berapa Miliar Anggaran Influencer?'.

Egi mengatakan hal itu tidak sehat bagi negara demokrasi. Pasalnya berpotensi mengaburkan substansi kebijakan yang tengah disusun.

"Akhirnya berakibat pada tertutupnya ruang percakapan publik tentang kebijakan itu," ujar Egi.

Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Asfinawati mengatakan influencer bersuara karena pesanan. Ini sama dengan iklan. Namun, dalam beberapa kondisi, influencer dinilai tidak bisa memilah tawaran yang mesti diambil.

"Ada kondisi yang tidak diberitahukan. Karena pendapatnya bukan karena pertimbangan sendiri tapi karena dibayar," ujar Asfin.

Situasi tersebut berdampak kepada masyarakat yang tidak bisa membedakan suara pribadi dan iklan. Sehingga sebagian masyarakat secara sadar membenarkan yang disampaikan influencer.

"Pemisahan yang tegas antara mana yang iklan, mana yang pesanan, dan mana yang genuine. Itu yang sulit kita temukan akhir-akhir ini dengan fenomena influencer atau buzzer ini," ucap Asfin.

Sebelumnya, ICW menemukan anggaran senilai Rp90,45 miliar digunakan pemerintah pusat untuk aktivitas influencer pada 2017-2020. Aktivitas influencer digunakan pada sejumlah kementerian.

Related

News 2455806571436390037

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item